Upaya Kurangi Pemanasan Global, Pemkot Gelar Kerja Bakti dan Penghijauan di Kelurahan Kayu Putih

Jakarta Timur, (7/7/2023) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, memimpin apel kerja bakti, di bekas Lokasi Sementara (Loksem) Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) JT 21, Jalan Pulomas Selatan, RW 07, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (7/7/2023). 

Lokasi yang berada di bantaran penghubung (Phb) Kali Sunter atau Kali IKIP akan dikembalikan fungsinya sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH).  

Menurut Walikota, lokasi yang sebelumnya menjadi kios sementara 54 pedagang akan dibuatkan taman sepanjang kurang lebih 260 meter. Kegiatan ini sebagai upaya penghijauan lingkungan, sesuai arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengembalikan fungsi dan pemanfaatan lahan dengan penghijauan guna penanganan pemanasan global di Jakarta.

“Itu JT-nya sudah dihapus, kita tata, kita kembalikan refungsi taman, sesuai arahan kebijakan Pak Pj. Gubernur, bagaimana kita memanfaatkan lahan-lahan yang seharusnya lahan hijau kembalikan refungsi untuk mencegah global warming,” kata Walikota. 

Dalam kegiatan kerja bakti tersebut meliputi pembersihan trotoar pembatas jalan dan taman, serta pengerukan Kali IKIP dari puing-puing pasca pengembalian fungsi dari kios sementara ke taman. Rencananya juga akan dibangun jogging track dan perbaikan turap Kali IKIP sisi taman, sehingga taman tersebut dapat bermafaat bagi warga setempat.

“Kita menata kawasan, masyarakat sini butuh tempat-tempat interaksi, seperti taman dan sebagainya. Nanti di belakang taman tersebut di bantaran Phb kali Sunter tersebut kita buat jogging track untuk aktivitas masyarakat setiap hari,” jelasnya.

Kerja bakti melibatkan 300 personel gabungan yang terdiri pasukan PPSU, pasukan Suku Dinas SDA, Suku Dinas Bina Marga, Suku Dinas Lingkungan Hidup, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, serta warga setempat. Dikerahkan juga 2 unit excavator, 1 unit mobil pemadam kebakaran, dan 12 dumb truk.

“Hari ini bersama masyarakat, bersama-sama kita guyub. Kita tata tempat ini, kita bersihkan tempat ini, biar masyarakat merasa memiliki, bukan hanya Pemkot yang bekerja tapi semuanya, bagaimana kita membangun kebersamaan, kegotong royongan sehingga mereka merasa memiliki, sehingga kita membangun dengan rapi berarti mereka menjaganya dengan baik,” pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua RW 07 Kelurahan Kayu Putih, Suryanto, menyampaikan, terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur yang telah melakukan kerja bakti bersama. Tak hanya kerja bakti saja tapi mereka juga membuatkan RTH, yang menambah ruang interaksi warga.

“Alhamdulillah dengan adanya pembersihan lingkungan, nuansanya yang tadi berantakan hingga sesuai arahan Pak Wali diubah menjadi lahan hijau, dapat menambah nuansa keindahan tata ruang Jakarta Timur. Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Pj, Pak Wali, juga Ibu Lurah beserta jajaran,” ungkapnya. (AD)