Pemkot Jakarta Timur Apresiasi Hajat Bumi Kramat Ganceng di Pondok Ranggon

Jakarta Timur, (7/7/2023) - Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur, Achmad Salahudin, menghadiri hari kedua Hajat Bumi Kramat Ganceng (Sedekah Bumi dan Pasar Rakyat) di Pendopo Kramat Ganceng, Jalan Kramat Ganceng RT 01 RW 01 Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (6/7/2023) malam.

Kegiatan Hajat Bumi Kramat Ganceng merupakan tradisi rutin turun menurun, sebuah tradisi gabungan antara Budaya Betawi dan Sunda bernuansa Islam. Acara ini diramaikan dengan kegiatan bazar dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kelurahan Pondok Ranggon yang diikuti 600 peserta. 

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, karena merupakan salah satu budaya masyarakat lokal Betawi dari turun temurun oleh nenek moyang dan tetap dilestarikan hingga saat ini,” kata Achmad Salahudin.

Achmad Salahudin berharap kegiatan Hajat Bumi Kramat Ganceng dapat membawa berkah kepada masyarakat. Tak hanya warga tapi juga para pedagang yang berjualan sepanjang kegiatan. 

“Saya berharap Sudin Kebudayaan (Suku Dinas Kebudayaan) ke depannya agar memperhatikan kegiatan seperti ini. Dalam rangka melestarikan budaya yang ada di Jakarta Timur, kita harus gali potensi yang ada, kita akan tingkatkan, dan melakukan pembinaan agar menjadikan salah satu budaya yang menarik di wilayah Jakarta Timur,” sambung Achmad Salahudin yang didampingi Wakil Camat Cipayung Henny Hermayani, Dewan Kota Kecamatan Cipayung Toto Suharto, dan Ketua Pelaksana Festival Hajat Bumi Kramat Ganceng, Boih Diman.

Hal senada juga diungkapkan Lurah Pondok Ranggon, Jenuri. Ia mengatakan Festival Hajat Bumi Kramat Ganceng sebuah tradisi turun menurun sebagai bentuk rasa syukur atas rizki dari Tuhan Yang Maha Esa. 

“Kegiatan ini dilaksanakan setahun sekali dibulan Djulhijah, setelah pelaksanaan ibadah haji. Kedepan saya berharap masyarakat Pondok Ranggon terus rukun dan toleransi cukup tinggi baik dari orang pendatang maupun warga sekitar kita bangun secara bersama-sama kampung kita, kearifan lokal tetap ada, dan kebersamaan tetap terjaga,” harapnya. 

Sementara Dewan Kota Kecamatan Cipayung, Toto Suharto menyampaikan perayaan Hajat Bumi Ganceng sebagai wujud kian berkembangnya Kelurahan Pondok ranggon, secara umum Kecamatan Cipayung. “Alhamdulillah perkembangan pembangunan wilayah di Pondok Ranggon, umumnya di Kecamatan Cipayung sudah semakin pesat semakin maju banyak sekali ruang ketiga di wilayah Kecamatan Cipayung yang bisa digunakan oleh masyarakat,” ucapnya. (JS)