Kelurahan Lubang Buaya Uji Daya Serap Sures di Gang Langgar

Jakarta Timur, (28/7/2023) – Jajaran Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung melakukan uji coba daya serap sumur resapan (Sures) di Gang Langgar RT 04 RW 08, Jumat (28/7/2023). Uji coba dilakukan dengan menggunakan satu unit mobil pemadam kebakaran dengan berkapasitas 2.500 liter.

Dalam uji coba itu, seluruh air dialirkan ke arah sumur resapan berdiameter 100 sentimeter (cm) dengan kedalaman 23 meter. Dari hasil uji coba, air yang dialirkan mampu diserap dalam hitungan 6,23 menit. 

Lurah Lubang Buaya, Dede Syaifullah menjelaskan, Sures yang dibangun berkat swadaya masyarakat. Dari pihak kelurahan hanya memberikan bantuan tenaga pembangunan yakni 10 anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan peminjaman mesin bor.

“Setelah kita uji coba satu Sures ternyata hasilnya sangat bagus. Daya serapnya dari 2.500 liter air dalam waktu 6,23 menit. Diharapkan ini nantinya dapat mengatasi genangan di wilayah tersebut,” kata Dede.

Sures dibangun sengaja di daerah cekungan untuk mengatasi genangan.  Terutama limpasan air hujan dari Jalan Raya Pondok Gede ke pemukiman warga RW 08 karena sisi utara jalan tidak memiliki saluran air. 

Di wilayah RW 08 Lubang Buaya sendiri rencananya akan dibangun delapan Sures. Sumur resapan di Gang Langgar merupakan yang pertama, sisanya dibangun secara bertahap dalam 16 hari ke depan. (JS)