Masih Progres Pembangunan, Manfaat Waduk Cipayung Sudah Dirasakan Warga

Jakarta Timur, (8/8/2023) – Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, melakukan peninjauan pembangunan Waduk Cipayung di Jalan Mandor Hasan Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (8/8/2023). Peninjauan dilakukan Walikota untuk memastikan pembangunan ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan keinginan warga masyarakat.

Waduk Cipayung memiliki luas kurang lebih 5.000 meter persegi dan saat ini masih tahap pembangunan. Saat ini, pembangunan sudah berjalan hingga 50 persen. 

“Waduk Cipayung ini dibuat untuk mengatasi banjir yang ada di lingkungan warga masyarakat. Alhamdulilah, tadi saat saya tanya langsung Ketua RW 04 Kelurahan Cipayung, sejak waduk ini dibuat sudah tidak terjadi banjir lagi yang biasanya saat hujan selalu banjir dan genangan sekarang sudah tidak ada lagi,” kata Walikota yang didampingi Camat Cipayung Panangaran Ritonga dan Lurah Cipayung Yulian Fathiniah.

Selain menjadi pengendali banjir, Walikota berharap Waduk Cipayung diharapkan dapat menjadi tempat cadangan air ketika musim kemarau melanda. Dengan begitu, warga sekitar tidak mengalami kekeringan. 

“Selain mengatasi banjir di lingkungan warga, juga bisa menjadi cadangan air di musim kemarau sehingga warga tidak kekeringan. Kedepannya, waduk ini juga bisa dijadikan sarana interaksi warga masyarakat,” ujarnya. 
Pembangunan Waduk Cipayung diharapkan sudah rampung dalam 2-3 bulan ke depan. Setelah itu, langsung bisa dimanfaatkan warga masyarakat sekitar Waduk Cipayung.

Sementara itu, Ketua RW 03 Kelurahan Cipayung, Abdul Sitem, mengatakan pembangunan Waduk Cipayung sudah bisa dimanfaatkan warga sekitar walau belum rampung pembangunannya. Manfaatnya langsung dirasakan warga RT 04, RT 09, RT 10, padahal sebelumnya lokasi ini biasanya mengalami genangan dari 30-60 cm namun saat ini sudah tidak dirasakan lagi. 

“Kami dari warga Kelurahan Cipayung khususnya warga RW 03 sangat berterima kasih kepada Bapak Walikota, Bapak Camat, Ibu Lurah dan semua stakeholder yang sudah membantu mengatasi banjir dan genangan di wilayah Kelurahan Cipayung. Semoga kedepannya, waduk ini juga bisa dipercantik sesuai arahan Bapak Walikota akan dibuatkan seperti taman di waduk ini, sebagai sarana wisata dan interaksi warga masyarakat,” ungkapnya. (JS)