Festival Muharram di Velodrome, Walikota Jakarta Timur Apresiasi Perbantuan Modal UMKM

Jakarta Timur, (13/8/2023) – Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, mengapresiasi digelarnya Festival Muharram dan Kemerdekeaan Jalan Sehat Yatim Mandiri 2023, di Jakarta International Velodrome, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu (13/8/2023).

Tak hanya sekadar jalan sehat dan kegiatan olahraga lainnya, momen dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia juga diwarna beragam kegiatan. Salah satu yang mendapat apresiasi tinggi dari Walikota yakni adanya gelaran santunan anak yatim piatu dan bantuan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Menurut Walikota, dengan adanya bantuan permodalan terhadap pelaku UMKM, sangat bermanfaat bagi warga, khususnya pelaku UMKM. Apalagi banyak warga yang mengalami kontraksi ekonomi pasca pandemi Covid 19.

“Saat Covid 19 lalu, banyak gelombang PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) besar-besaran. Tentunya, berdampak terhadap ekonomi keluarga. Lalu, bagaimana kita bangkit untuk menghidupkan ekonomi keluarga, akhirnya sebagian warga, kami ikutkan ke JakPreneur atau UMKM. Mereka mendapatkan pembinaan setelah itu permodalan,” kata Walikota yang sempat melepas lomba jalan sehat.

Kegiatan ini, menurut Walikota, juga sejalan dengan program pemerintah untuk memulihkan ekonomi warga. “Ini semua sesuai arahan Pak Presiden, kita harus bangkit di Hari Kemerdekaan ini kita harus berupaya untuk membangkitkan UMKM,” ujarnya.

Sementara itu, Andriyas Eko, Dirut Yatim Mandiri mengatakan, Festival Muharram menyajikan berbagai macam kegiatan. Di antaranya jalan sehat (funwalk) yang diikuti 350 peserta, santunan untuk 50 anak yatim, dan bantuan modal untuk 40 pelaku UMKM.

“Event Muharram ini istimewa, karena berkenaan dengan Kemerdekaan Indonesia, jadi kami mengambil tema ‘Merayakan Kemerdekaan Merajutkan Kebaikan’. Harapannya, dengan momentum ini masyarakat semakin berlomba-lomba untuk memandirikan anak-anak yatim dan dhuafa,” tuturnya. (AD)