Wakil Walikota Buka Bazar Jakarta Enterpreneur Dalam Rangka HUT Ke-78 RI

Jakarta Timur, (15/8/2023) – Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, membuka Bazar Jakarta Enterpreneur tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur khusus dalam rangka HUT (Hari Ulang Tahun) ke-78 Republik Indonesia di halaman Kantor Walikota Jakarta Timur, Selasa (15/8/2023). Total ada 26 bazar digelar secara serentak di Jakarta Timur, 1 tingkat kota dan 25 tingkat kecamatan sepanjang 15 - 20 Agustus 2023 dengan 810 peserta.

“Produk-produk yang ditampilkan di tingkat kota merupakan produk unggulan yang memang sudah dikurasi dari tingkat kecamatan untuk masuk ketingkat kota,” kata Wakil Walikota.
Wakil Walikota berharap, dari kegiatan bazar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pelaku UMKM. Apalagi kegiatan merupakan cara pemerintah memulihkan perekonomian masyarakat. “Saya berharap bazar membantu meningkat kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Timur, Derliana Melinda Sagala. Ia mengatakan, sepanjang 2023, dalam rangka memfasilitasi promosi, pemasaran produk para PKT (Pengembangan Kewirausahaan Terpadu), Jakpreneur Binaan, Suku Dinas PPKUKM telah menganggarkan untuk kegiatan bazar tingkat kecamatan, dianggarkan untuk 15 kali. 

“Jadi seluruh kecamatan 150 kali, setiap event dilaksanakan selama 2 hari, dimana pelaku usaha Jakpreneur yang sudah terfasilitasi sebanyak 2.940 orang, dan menghasilkan omzet keseluruhan dengan jumlah sebesar 2,2 miliar rupiah,” jelas Deliana.

Untuk tingkat kota, bazar dianggarkan sebanyak 10 kali dan digelar selama dua hari, dan saat ini, baru dilaksanakan tujuh bazar. Para peserta bazar merupakan binaan Suku Dinas PPKUKM, UKPD Pengampuh Jakpreneur dan anggota Dekranasda, sementara di tingkat kota ada tambahan peserta dari anggota ITMI (Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia).

“Dari enam kali pelaksanaan sebelumnya, jumlah pelaku usaha Jakpreneur yang terfasilitasi sebanyak 352 orang, dengan jumlah omset dari pelaksanaan bazar sebesar 352 juta rupiah,” paparnya. (ID)