Dampak Kemarau, Kelurahan Kayu Putih Bersama Gulkarmat Siram Tanaman Kawasan Unggulan

Jakarta Timur, (18/8/2023) – Jajaran Kelurahan Kayu Putih bersama Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Timur menyiram tanaman di Kawasan Unggulan ex JT 21 dan Jalan Baru Pulo Nangka (lokasi penataan triwulan 4 tahun 2022), Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (18/8/2023).

Lurah Kayu Putih, Tuti Sugihastuti, mengatakan kegiatan tersebut sebagai upaya menjaga lingkungan khususnya pada kawasan unggulan yakni di taman ex JT 21 dan taman Jalan Baru Pulo Nangka. Hal tersebut dikarenakan dampak kemarau sehingga tanaman-tanaman mengalami kekeringan.

“Hari ini, kita lakukan penyiraman di kawasan titik unggulan, ini dikarenakan kondisi saat ini musim kemarau, sehingga lingkungan yang selama ini kita tata kondisinya sangat memprihatinkan,” ujarnya.

Tuti juga menjelaskan, dalam menangani kemarau lama tersebut pihaknya sudah berkoordinasj dengan Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, namun secara teknis volume air terbatas, sehingga bekerjasama dengan Suku Dinas Gulkarmat untuk mendapatkan volume air yang cukup untuk menjaga tanaman-tanaman agar tidak kekeringan.

“Dengan adanya kemarau yang berkepanjangan berdampak terhadap pohonan-pohonan yang selama ini kita rawat jadi kekeringan, mati, kamu sulam lagi, kita juga berharap dengan adanya penyiraman intens paling tidak seminggu 3 kali, sehingga apa yang kita harapakan kawasan yang menjadi titik unggulan ini bisa kembali hijau sehingga masyarakat penguna jalan bisa menikmati,” tuturnya.

Sementara itu, Satuan Tugas Pemadam Kebakaran Kelurahan Kayu Putih, Suradi, menyampaikan, untuk penyiraman tersebut telah mengerahkan 1 unit mobil pemadam kebakaran dan 5 personel, dengan 8.000 liter air.

“Untuk mendukung kegiatan Kelurahan Kayu Putih, kami mengerahkan 1 unit mobil, 5 orang anggota, untuk volume air 8.000 liter,” jelasnya. (AD)