Biro Hukum DKI Gelar Pembinaan Kadarkum di Kelurahan Cipinang Muara

Jakarta Timur, (24/8/2023) - Biro Hukum Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar roadshow Pembinaan Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum), Kamis (24/8/2023). Kali ini, kegiatan Kadarkum terfokuskan bagi warga Kelurahan Cipinang Muara yang digelar di Aula Serbaguna Kantor Kelurahan Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara.

Roadshow yang dibuka langsung Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur, Eka Darmawan, diikuti 60 peserta. Terdiri dari pengurus RT/RW, anggota LMK, kader PKK, Karang Taruna dan perwakilan tokoh masyarakat yang bertujuan membangun kesadaran hukum di lingkungan warga. 

Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur, Eka Darmawan, mengapresiasi kegiatan pembinaan Kadarkum yang dilakukan Biro Hukum Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta semoga memberikan bermanfaat dan memberikan pencerah bagi warga di kelurahan Cipinang Muara.

“Kami mengapresiasi kegiatan pembinaan Kadarkum, semoga menambah pengetahuan warga kami terkait hukum dan kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan di wilayah Jakarta Timur,” ucap Eka. 

Sub Koordinator Pembinaan HAM dan Publikasi Hukum Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta, Diah Anwar, mengatakan pembinaan Kadarkum juga menjadi evaluasi terkait predikat Anubawa Sasana yang pernah diraih di salah satu kelurahan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur yakni Kelurahan Kayu Manis, pada 2014 lalu. Predikat itu sebagai apresiasi dalam membina dan mengembangkan kelurahan sadar hukum di wilayah Jakarta Timur.

"Kita harapkan adanya pembinaan Kadarkum ini dapat meningkatkan pemahaman bagi seluruh warga di Jakarta Timur mengenai hukum. Salah satunya yang hingga kini masih menjadi polemik permasalahan di lingkungan warga mengenai permasalahan waris dan tanah,” kata Diah. 

Diharapkan nantinya, para peserta bisa mengetuktularkan pemahaman tentang keluarga sadar hukum ke lingkungan sekitar. Hal ini dilakukan juga sebagai upaya mempertahankan Jakarta Timur sebagai kota sadar hukum dan peduli Hak Azasi Manusia. 

Muhammad Sidik, Ketua RW 015 Kelurahan Cipinang Muara mengaku, senang adanya pembinaan Kadarkum. Diakuinya, di wilayah mereka masih ditemukan kasus hukum mengenai waris.

“Tadi ada pembahasan mengenai waris, dengan ini kita bisa mengerti bagaimana menuntaskan masalah waris yang selama ini jadi polemik," ungkapnya. (AJ)