Kelurahan Lubang Buaya Cegah Stunting dengan Membangun STBM di Lingkungan Warga

Jakarta Timur, (6/9/2023)  - Kelurahan Lubang Buaya menggelar Sosialisasi Penanganan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Aula Kantor Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (6/9/2023). Sosialisasi bertujuan untuk memastikan tidak ada lagi warga yang membuang air besar (BAB) sembarangan. 

Lurah Lubang Buaya, Dede Saefullah, mengatakan sosialisasi yang diikuti jajaran tingkat RT, RW, Lurah, Camat dan Puskesmas sekaligus juga memonitoring tugas pekerjaan yang dilakukan dalam pencegahan stunting. Seperti pelaksanaan STBM yang di antaranya pembangunan MCK (mandi, cuci, kakus). 

“Ini kita bentuk tim lapangan untuk langsung meninjau dan dipantau Pak Camat. Nantinya, untuk pengerjaannya mereka semua melakukan secara swadaya lingkungan, kelurahan membantu beberapa MCK dengan tenaga Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) jika warga benar-benar membutuhkan,” jelas Dede. 

Lebih lanjut Dede menjelaskan, di Kelurahan Lubaya Buaya, total ada 250 yang membutuhkan STMB. Sementara STBM yang sudah terbangun saat ini mencapai 44, sisanya 148 masih dalam proses pembuatan, 58 masih dalam tahap edukasi.

“Alhamdulillah sudah banyak warga yang sadar dan siap untuk membangun septitank. Upaya ini kita lakukan untuk menekan dan mendukung kegiatan penurunan stunting di wilayah Jakarta Timur. Insyaallah, tahun 2024 kita sudah bebas stunting,” ujar Dede. (VS)