Ratusan Ibu Bersama Balita Manfaatkan Gebyar Posyandu Kelurahan Ujung Menteng 

Jakarta Timur, (27/9/2023) - Peduli terhadap kesehatan ibu dan anak, Kelurahan Ujung Menteng menginisiasi program Gebyar Posyandu yang digelar di Hall Lantai 2 Lulu Hypermarket Plaza Taman Modern, Jalan Raya Bekasi, Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Rabu (27/9/2023). 

Helatan gebyar posyandu yang diikuti lebih dari 150 ibu dan balita ditinjau langsung Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur Diah Anwar. 

Dalam tinjauannya, Diah menyapa ratusan ibu dan balita yang mengantre untuk memanfaatkan fasilitas yang diberikan berupa pelayanan cek kesehatan gratis, seperti pemeriksaan tumbuh kembang anak, konsultasi gizi, konsultasi ibu hamil dan pemeriksaan kesehatan tubuh, hingga PMT (Pemberian Makan Tambahan). Tak hanya itu, Gebyar Posyandu Kelurahan Ujung Menteng dirangkai juga dengan talkshow bertemakan 'Konsultasi Kehamilan dan Bayi Moms And Baby' oleh Agus Sujatmiko Soegiarto selaku CEO Kehamilan Sehat. 

"Ini sangat positif, kolaborasi yang luar biasa dihadirkan oleh Kelurahan Ujung Menteng Kecamatan Cakung, bersama Puskesmas dan CSR dalam memberikan perhatian kesehatan untuk ibu dan anak, selain itu juga wawasan kehamilan," kata Diah. 

Ia juga mengungkapkan, pihaknya terus memotivasi dan mengingatkan seluruh kader PKK bahwa kegiatan Posyandu adalah ibarat ujung tombak edukasi dan pelayanan kesehatan yang bisa langsung menyentuh masyarakat banyak. Apalagi tujuannya mendukung program besar pemerintah dalam upaya mencegah stunting. 

"Terus lakukan pelayanan terbaik, hingga menyentuh seluruh kalangan masyarakat, selain di Puskesmas, kantor kelurahan bahkan door to door. Kita berikan ruang bagi ibu dan anak agar makin bahagia untuk mengikuti gebyar posyandu di supermarket, kita lihat mereka ruang senang. Alhamdulillah, baik dan positif sekali cukup kolaboratif," imbuhnya. 

Tya, warga RW 02 Kelurahan Ujung Menteng, mengaku sangat senang dapat mengikuti gebyar posyandu tersebut. Pasalnya, dirinya bisa konsultasi banyak soal kesehatan, terutama mengenai perkembangan pada anak. 

"Layanan baik dan bagus, banyak manfaat untuk kesehatan untuk saya dan utamanya pada anak. Dikasih bingkisan juga, seneng banget," ucapnya. (AJ)