Warga Kelurahan Ciracas Ikuti Pelatihan Pembuatan Minuman Dan Kue Dari Kemenaker RI

Sebanyak 90 warga Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur mengikuti pelatihan kuliner. Kegiatan digagas oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia di Kelurahan Ciracas. 

Plt Lurah Ciracas, Vera Riana Sari mengatakan, ada dua jenis pelatihan yang diikuti oleh kader PKK dan Karang Taruna , yakni membuat aneka minuman masa kini dan aneka snack. Kegiatan digelar dihalaman kantor Kelurahan Ciracas dan di Sekretariat RW 04. 

"Di halaman kantor kelurahan, hari ini materinya soal Barista, seperti es lumut, cokelat capucino dan koktail. Karena peminatnya sangat banyak mencapai 70 orang maka kegiatan dibagi dalam dua sesi," kata Vera saat dihubungi tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Jumat (29/9/2023). 

Sedangkan dilokasi berbeda sekretariat RW 04, sebanyak 20 orang dilatih membuat aneka kue cafe. Ini merupakan aspirasi warga yang dikoordinasikan dengan Kemenaker RI. 

"Karena sekarang lagi booming soal kafe maka warga meminta agar digelar pelatihan membuat aneka kue dan minuman," lanjut Vera. 

Sementara, Wanda seorang instruktur dari Kemenaker RI menambahkan, kegiatan digelar selama tiga Minggu. Kegiatan digelar karena adanya permohonan dari pihak kelurahan. Pelatihan seperti ini rutin digelar setiap tahun dengan lokasi berpindah-pindah, sesuai adanya permohonan dari wilayah. 

"Materi pelatihan membuat aneka minuman dan kue ringan. Total peserta ada 90 orang yang dibagi dalam dua lokasi. Yakni di Sekretariat Kantor Kelurahan Ciracas dan di Sekretariat RW 04," kata Wanda.(JS)