East Inovasion Days Jakarta Timur Diharapkan Promotif dan Preventif di Tengah Masyarakat

Jakarta Timur, (13/10/2023) - Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Keluarga Kota Administrasi Jakarta Timur, Achmad Salahudin, menutup kegiatan East Jakarta Inovation Days for Healthy Indonesia tahun 2023, di Ruang Pola, Kantor Walikota Jakarta Timur, Jumat (13/10/2023). 

Dalam kesempatan itu, Achmad berkesempatan memberikan penghargaan kepada para pemenang. Untuk kategori inovasi kecamatan,  juara pertama yakni Puskesmas Kecamatan Pulogadung, juara kedua diraih Puskesmas Kecamatan Duren Sawit dan juara ketiga Puskesmas Kecamatan Cakung. Untuk kategori inovasi Rumah Sakit, juara pertama Rumah Sakit Umum (RSU) Adhyaksa, juara kedua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cipayung dan juara ketiga Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Kecamatan Duren sawit, dan untuk kategori yel-yel juara pertama Puskesmas Kecamatan Duren Sawit dan juara kedua Puskesmas Kecamatan Kramat Jati. 

Achmad mengatakan, kegiatan bertujuan memberikan kesempatan untuk Puskesmas dan Rumah Sakit untuk memberikan pelayanan kesehatan mereka. Sebanyak 5 RSUD dan RSKD juga 10 Puskesmas Kecamatan se-Jakarta Timur berlomba memberikan strategi inovasi dalam pelayanan kesehatan. 

“Jadi ini salah satu juga untuk mendorong supaya pelayanan masyarakat bisa promotif dan preventif bisa berjalan sesuai dengan harapan kita semua,” ujarnya. 

Sementara itu, Plt. Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur, dr. Lysbeth Regina Pandjaitan, menjelaskan kegiatan tersebut rutin dilaksanakan Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur setiap tahunnya. Kegiatan berlangsung selama dua hari (12-13 Oktober 2023). Ia mengatakan, nantinya para pemenang akan berlanjut di tingkat Provinsi DKI Jakarta untuk mempromosikan inovasi dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. 

“Bukan hanya sekedar lomba saja tetapi yang penting adalah masyararakat bisa merasakan manfaat dari pelayanan Puskesmas dan Rumah Sakit yang ada di Jakarta Timur,” pungkasnya. 

Di sisi lain, Ns. Aris Nur Ramdhani selaku fasilitator inovation Puskesmas Kecamatan Pulogadung, yang merupakan pemenang juara 1 kategori inovasi Puskesmas Kecamatan mengatakan, ia bersama jajaran Puskesmas Kecamatan Pulogadung bersyukur telah meraih juara. Puskesmas Kecamatan Pulogadung menjadi juara dengan inovasi maternity experience, pelayanan terintegrasi dari masa remaja hingga keluarga berencana. Inovasi tersebut bertujuan untuk kesehatan ibu dan anak, sudah dijalankan dan sudah berhasil diterapkan di wilayah Kecamatan Pulogadung. 

“Judul kami adalah maternity experience, di mana pelayanan-pelayanan terintegrasi mulai dari masa remaja, calon pengantin, melahirkan sampai pasca bersalin dan sampai di-KB lagi, tujuan akhirnya adalah mengurangi angka kematian ibu hingga tidak ada lagi, melalui inovasi ini baik itu di Pulogadung maupun di Jakarta Timur maupun di seluruh Indonesia,” tuturnya. (AD)