Pemkot Jakarta Timur Gelar Peningkatan Partisipasi Perempuan dalam Kewirausahaan di Era Digital

Jakarta Timur, (18/10/2023) – Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur menggelar Pelatihan Peningkatan Partisipasi Perempuan dalam Kewirausahaan di Era Digital yang berlokasi di Ruang Pola Lantai 2 Blok A, Kantor Walikota, Rabu (18/10/2023). Kegiatan dibuka langsung Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar.

Kegiatan yang diinisiasi Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Kota Jakarta Timur diikuti para pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak  (RPTRA) dan penggiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perempuan yang tersebar di 10 Kecamatan Kota Jakarta Timur.  

Hadir selaku narasumber Asisten Deputi PUG Bidang Ekonomi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Helsyanita, Kepala Bidang Pemberdayaan Perlindungan Anak adan Pengendalian Penduduk Provinsi DKI Jakarta Ibni Saleh dan Vice President Public Policy and Government Relation Gojek Tricia Iskandar. 

Dalam sambutannya Walikota menyampaikan, keseriusan Pemkot Jakarta Timur akan terus meningkatkan peran perempuan dari sisi kewirausahaan di era digital. Pihaknya juga mendukung program strategis nasional pemerintah, khususnya akselerasi di bidang keuangan inklusif. Langkah ini sebagai bagian dari menumbuhkembangkan jiwa bisnis kewirausahaan kaum perempuan. 

“Pelatihan ini memberikan pelatihan baik berupa hard skill hingga soft skill sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan merubah mindset kewirausahaan,” kata Walikota. 

Ditambahkan Walikota, kegiatan ini juga mengedepankan pendampingan bagi peserta sehingga siap secara produk dan difasilitasi dengan diikutsertakan pada sertifikasi halal MUI HAKI dan pembuatan logo produk.

”Untuk pemasaran mereka akan dikuatkan dengan pemahaman melalui pelatihan tentang e-commerce dari Shoppe dan Gojek tahap ini juga meliputi konsultasi yang berkaitan dengan pengembangan bisnis,” imbuhnya. 

Sementara itu, Vice President Public Policy and Government Relation Gojek, Tricia Iskandar, mengungkapkan pihaknya menyambut baik adanya pelatihan peningkatan partisipasi perempuan dalam kewirausahaan di era digital tahun 2023 yang merupakan kegiatan positif dalam pengembangan kewirausahaan bagi perempuan. 

“Kami senang bisa berkolaborasi kegiatan ini mengedepankan transaksi dan bisnis, kita akan awali dengan digital marketing semoga ini dapat bermanfaat bagi penggiat pengusaha perempuan di Jakarta Timur,” ungkapnya. (AJ)