Bantu Perbaiki Kualitas Udara, 20 Pohon Mahoni Ditanam di Jalan Sapi Perah Pondok Ranggon

Jakarta Timur, (20/10/2023) – Kecamatan Cipayung melakukan penghijauan dengan menanam 20 pohon mahoni di lahan fasos fasum PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), di Jalan Sapi Perah Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (20/10/2023). Penanaman dalam rangka menjaga kualitas udara Jakarta agar lebih baik dan mengurangi polusi udara.

“Penananaman pohon sesuai instruksi bapak Gubernur dan bapak Walikota Administrasi Jakarta Timur dalam rangka melakukan penghijauan. Semoga dengan kegiatan penanaman pohon bisa menjaga kelestarian lingkungan di wilayah Kecamatan Cipayung,” kata Camat Cipayung, Panangaran Ritonga yang melakukan penanaman secara simbolis dan didampingi Lurah Pondok Ranggon Jenuri. 

Ritonga menjelaskan, pohon mahoni dipilih karena bisa mengurangi polusi udara sebanyak 47-67 persen. “Inilah kenapa pohon mahoni disebut sebagai pohon pelindung sekaligus filter udara,” jelasnya. 

Diharapkan Ritonga, langkah penanaman hasil kerjasama antara Kecamatan Cipayung dengan Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Timur dapat ditiru wilayah lainnya. Demi udara bersih Jakarta. 

“Saya harap dengan apa yang kita lakukan dari pengurus RW, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), dan kader PKK di Kelurahan bisa mengetuktularkan edukasi ke warga masyarakat untuk bersama-sama melakukan hal yang sama. Demi mengurangi polusi udara dan menjaga kualitas udara di DKI Jakarta, khususnya Jakarta Timur menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Pondok Ranggon, Jenuri mengatakan, lahan kosong milik PT. RNI di Jalan Sapi Perah dipilih karena lahannya luas dan berada tepat di jalur padat yang banyak dilalui warga. 

“Jadi diharapkan dapat mengurangi polusi udara di wilayah ini, selain itu juga lahan milik PT RNI merupakan lahan fasos fasum yang masuk Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (SIPPT) yang akan diserahkan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan sudah dalam proses penyerahan aset,” jelasnya. (JS)