Pemkot Jakarta Timur Tinjau Kesiapan Gudang Logistik Pemilu 2024 di Dua Kecamatan

Jakarta Timur, (31/10/2023) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melakukan peninjauan terhadap gudang logistik Pemilu 2024 di wilayah Kecamatan Cakung dan Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (31/10/2023). Kegiatan dipimpin langsung Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah. 

Peninjaun pertama dilakukan di tempat logistik Rusunawa PIK 2 Penggilingan, Kelurahan Penggilingan. Di tempat ini, terdapat tower gedung Rusun Blok B1 dan B3 yang representatif untuk penyimpanan logistik KPU untuk 7 kelurahan di Kecamatan Cakung. 

"Hanya saja tinggal kita persiapkan kebersihan dan 'meubeleir' (kursi dan meja) untuk petugas, dan ini akan kita lakukan bersamaan dengan para UKPD (Unit Kerja Perangkat Daerah) nantinya," kata Wakil Walikota. 

Peninjauan kedua dilakukan di gudang logistik Kawasan PT. JIEP, Rawa Gelam Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung. Lokasi tersebut menjadi pusat penyimpanan logistik kotak suara tingkat Kota Jakarta Timur. 

Secara umum di Jakarta Timur, komponen kotak suara berikut pengamanan secara keseluruhan hampir 100 persen siap. Sehingga, awal bulan Desember mendatang dapat didistribusikan ke gudang logistik tingkat Kecamatan. 

"Intinya, kita siap ya, baik tempat maupun pengawasan, memang di Jakarta Timur sendiri kita siapkan untuk empat jenis penyimpanan logistik yaitu Rusunawa, Sekolah, GOR juga gudang dan setelah ini kita akan mengecek ke Duren Sawit. Intinya kita siap ya, hingga pengamanan bersama Bawaslu, KPU, semuanya kita pastikan ready," tambahnya. 

Lebih lanjut dijelaskan Wakil Walikota, di Jakarta Timur terdapat 8.812 TPS (Tempat Pemungutan Suara) dengan jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) Kota Jakarta Timur 2.383.972 terdiri dari jumlah pemilih laki-laki sebanyak 1.174.032 sedangkan perempuan sebanyak 1.209.940. 

"Tentunya, diharapkan dapat menghasilkan data pemilih yang berkualitas untuk pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak 2024," imbuhnya. 

Sementara itu, Divisi Teknis KPU Jakarta Timur, Carlos, mengapresiasi dukungan Pemerintah Kota Jakarta Timur dalam sinergitas jelang pemilu 2024. 

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan Pemerintah Kota Jakarta Timur, Panwas, Bawaslu, PPK PPS hingga TNI -Polri terus mendukung baik dalam persiapan untuk mensukseskan pesta demokrasi 2024 mendatang. Kita akan terus melaju cepat dan teliti sehingga tidak ada kekurangan sedikit pun logistik KPU," ucapnya. (AJ)