Walikota Buka Jakarta Timur Great Exhibition di Grand Cakung

Walikota Jakarta Timur Drs. H.R. Krisdianto, M.Si, membuka Jakarta Timur Great Exhibition, di Grand Cakung, Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung, Rabu (5/11). Kegiatan yang diadakan Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Timur ini sendiri dalam rangka mempromosikan  produk-produk industri kreatif yang dihasilkan para kader PKK dan masyarakat Jakarta Timur dalam rangka menyambut ASEAN Economic Community pada tahun 2015 mendatang.

“Mereka harus diberi uang untuk berkreasi dalam menghasilkan produk asli dalam negeri. Pemerintah wajib memberikan dukungan penuh dan memfasilitasi semua hasil produk yang mereka buat sehingga mereka bisa mempromosikan hasil produk mereka baik didalam negeri maupun diluar negeri,” ujar Krisdianto saat memberikan sambutan.

Menurutnya, jika mereka tidak diberikan kesempatan atau diberikan ruang maka tidak bisa mengembangkan usahanya.

“Kebetulan pengelola Grand Cakung ini mau memberikan ruang kepada para pengrajin untuk menampilkan dan menjual produk mereka di stan-stan yang sudah disiapkan,” kata Walikota yang hadir bersama Wakil Walikota Jakarta Timur Drs H. Husein Murad, M.Si.

Walikota mengatakan, banyak produk rumahan yang ditampilkan di acara ini, mulai dari produk untuk dekorasi rumah, pajangan yang dibuat dari kayu dan bahan bekas lainnya seperti kaleng yang dibuat menjadi pajangan rumah. Selain itu, pembuatan berbagai macam barang dari daur ulang sampah plastik, produk makanan dan minuman khas betawi, batu akik dan lain sebagainya,” katanya.

Krisdianto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada mereka dalam berkreatifitas menghasilkan produk yang bisa mereka jual. “Sehingga harapan kita nantinya masyarakat Indonesia bisa besaing dengan bangsa lain ketika perdagangan bebas sudah dimulai,” katanya.

Kiat khusus untuk membendung perdagangan bebas nanti, Walikota berharap masyarakat dapat lebih kretaif lagi dalam membuat inovasi terbaru baik itu membuat keperluan rumah tangga maupun makanan. “Yang paling terpenting kita beli produk dalam negeri sendiri dan jangan beli produk dari luar karena dengan begitu pengusaha dalam negeri semakin semangat memajukan usahanya,” katanya.

Menurutnya, jika membeli dan menghargai produk dalam negeri itu menandakan sikap nasionalime warga sebagai rakyat Indonesia. Selain itu jika membeli produk dalam negeri berati sudah membuat bangsa Indonesia sejahtera dan menguntungkan para pengusaha dalam Negeri sendiri, maka dari itu citailah produk dalam negeri sendiri jika ingin kedepan bangsa ini maju dan sejahtera.

Sementara itu, Kasudin Perindustrian dan Energi Jakarta Timur, Dra. Tuti Kurniati, M.Si, mengatakan, kegiatan Jakarta Timur Great Exhibition, berlangsung pada tanggal 5-7 November 2014, pukul 10.00-19.00, di halaman parkir Mall Grand Cakung, Jakarta Timur. Kegiatan ini  menampilkan 100 stan yang terdiri dari pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang tersebar di wilayah Jakarta Timur serta partisipasi dari instansi lain.

“Pameran Jakarta Timur Great Exhibition merupakan puncak dari kegiatan pameran yang diselenggarakan oleh Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Timur, dimana sebelumnya terdapat pameran Ajang Kreasi dan Festival Industri Kreatif Jakarta Timur,” ujar Tuti.

Menurut Tuti, pameran ini bertujuan untuk mempromosikan produk IKM unggulan Jakarta Timur, terutama mempromisikan industri-industri kreatif yang sedang berkembang saat ini agar dapat dikenal oleh masyarakat.

Tuti mengatakan, produk-produk yang akan ditampilkan antara lain, kerajinan kayu, produk batu aji, fesyen dan aksesoris, kerajinan daur ulang dan lainnya.  “Pusat batu aji di Grand Cakung ini ada dilantai satu, tempat tersebut kedua terbesar setelah Rawa Bening, diharapkan dengan keberadaan pusat batu ajai grand cakung ini dapat menarik perhatian masyarakat untuk datang ke Grand Cakung,” ujarnya.

Menurutnya, pihak pengelola mal tersebut telah memberikan kesempatan untuk membuat acara ditempatnya tanpa dipungut biaya, hal tersebut tentunya baik sekali dan harus diapresiasi. ”Untuk itu nanti sekitar bulan Desember, Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Timur akan membuat kegiatan dan akan memanfaatkan tawaran dari pengelola Grand Cakung ini,” tukasnya. (Idham/Kominfomas JT)