Ratusan Pelajar SMK/SMA Se-Jakarta Timur Ikuti Peningkatan Pemahaman Sadar Hukum

Jakarta Timur, (7/11/2023) - Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, membuka kegiatan Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Sadar Hukum bagi Pelajar Se-Jakarta Timur di Ruang Pola Lantai 2 Blok A, Kantor Walikota Jakarta Timur, Selasa (7/11/2023). 

Kegiatan yang diinisiasi Bagian Hukum Kota Jakarta Timur diikuti sebanyak 550 peserta terdiri dari pelajar SMA/SMK Guru Bimbingan Konseling dan seluruh Kasatlak (Kantor Satuan Pelaksana) Pendidikan di kecamatan se-Jakarta Timur. 

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Divisi Kementerian Hukum dan Ham DKI Jakarta Zulhairi, Kepala Bagian Perancang Pembinaan HAM, Publikasi, dan Dokumentasi Hukum Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta Ismiyatun, Sub Koordinator Urusan Pembinaan HAM dan Publikasi Hukum Biro Hukum Setda DKI Jakarta Diah Anwar serta Fisika Prasetyo Putra, perwakilan Badan Pengembangan SDNlM Kementerian Dalam Negeri RI. Hadir juga AKP Heru Sugiarto Polres Metro Jakarta Timur dan Maya Aryani dari Sudin PPAPP Provinsi DKI Jakarta sebagai narasumber. 

"Diharapkan kegiatan peningkatan pemahaman sadar hukum ini dapat membekali para pelajar dan institusi pendidikan untuk tidak hanya memiliki pengetahun umum, tetapi juga pengetahuan tentang hukum dan selanjutnya menjadi sadar dan taat hukum yang berlaku di negeri ini," kata Wakil Walikota. 

Menurutnya, kegiatan peningkatan pemahaman sadar hukum ini menjadi momentum untuk mendapatkan informasi tentang literasi digital literasi hukum dan langkah menjadi siswa sadar hukum sehingga mendukung masa depan yang cemerlang sesuai tema yang diusung, 'Membangun Generasi Unggul Menuju Sukses Jakarta Untuk Indonesia'. 

Tanggung jawab ini bukan hanya untuk para pendidik namun juga semua unsur, baik pemerintah maupun swasta dan masyarakat. Mereka semua memiliki peranan penting dalam mewujudkan generasi unggul sehingga diharapkan semua pihak dapat bekerja sama dan berkolaborasi dalam berbagai kegiatan pembinaan hukum. 

"Ini sangat penting dan diperlukan untuk para siswa, mereka mampu menjadi agen of change, penggiat sadar hukum bagi pelajar lainnya," imbuhnya. 

Sementara itu, Sub Koordinator Urusan Pembinaan HAM dan Publikasi Hukum Biro Hukum Setda DKI Jakarta, Diah Anwar, yang juga Ketua Tim Penggerak PKK, mengapresiasi para siswa-siswi di Jakarta Timur. Ia yakin Jakarta Timur akan menjadi pelopor siswa sadar hukum sesuai ketentuan yang berlaku. 

"Untuk anak-anaku jadilah pelopor sadar hukum. Baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah, sehingga di Jakarta Timur menjadi pelajar yang unggul di masa mendatang," tambahnya. 

Tiara, siswa kelas XII SMK Akhyar I Kelurahan Ujung Menteng, mengaku senang dapat mengikuti sosialisasi pembinaan sadar hukum bagi pelajar di Jakarta Timur. "Ini menambah wawasan kami untuk dapat berhati hati dan bijak dalam bertindak," katanya. 

Hal senada dikatakan Syabila, siswi Kelas XII SMK Jakarta Timur 2. Dirinya akan menginformasikan ke rekan sebayanya untuk tetap dapat berperan sebagai pemuda yang tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab, mematuhi hukum, dan berkontribusi positif. 

"Saya akan menginformasikan ke teman-teman yang lainnya agar tetap berhati-hati dan mentaati hukum," ucapnya. (AJ)