Pemkot Jakarta Timur Targetkan Raih Parahita Ekapraya 2023

Jakarta Timur, (8/11/2023) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, membuka verifikasi lapangan evaluasi Pengarustamaan Gender (PUG) dalam rangka pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2023, di Ruang Pola, Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (8/11/2023).

Walikota mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dalam menyetarakan gender perempuan dan laki-laki. Upaya itu di antaranya pemberdayaan kelompok Dasawisma yang ada di masyarakat, perlindungan dan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, pembinaan dan pengembangan kewirausahaan terpadu, serta pendampingan industri kreatif. 

Salah satu inovasi unggulan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dalam kesetaraan gender yakni diluncurkannya program pengembangan kawasan percontohan layanan terintegrasi ramah anak dan rumah perlindungan perempuan di perusahaan.

“Hari ini saya menerima tim verifikasi lapangan Pengarustamaan Gender, tentunya di sini kita konotasinya kesetaraan gender antara wanita dan pria, bagaimana kita memberdayakan haknya sama dalam rangka membangun kesejahteraan di tengah masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap verifikasi yang dilaksanakan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA RI) berjalan baik, sehingga jika ada kekurangan dalam hal pembangunan maupun administrasi dalam kesetaraan gender tersebut dapat diperbaiki. Walikota menargetkan Kota Administrasi Jakarta Timur dapat meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2023 untuk Kategori Utama.

“Harapan kami bisa berjalan lancar, bisa baik, supaya kita tahu apabila ada kekurangan-kekurangan kita di mana. Khawatir ada yang kita belum data tetapi di lapangan kenyataannya ada, mudah-mudahan seperti itu,” jelasnya. (AD)