Bantu Perbaiki Kualitas Udara, Pemkot Bersama Kostrad Tanam 1.242 Pohon Produktif

Jakarta Timur, (24/11/2023) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur bersama Kostrad menggelar aksi penanaman ribuan pohon produktif di seluruh wilayah Kota Jakarta Timur. Kegiatan tersebut terus digalakan dalam upaya meningkatkan kualitas udara di Jakarta terbebas dari polusi. 

Kegiatan dipusatkan di halaman Rusunawa Pulo Jahe, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jumat (24/11/2023). Aksi penanaman pohon itu dipimpin langsung Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, dan diikuti secara daring oleh para lurah, camat, sekolah dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) se-Jakarta Timur. 

Walikota mengatakan penanaman pohon bagian dari kepedulian Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) dalam menanggulangi polusi dengan hijaukan Jakarta. 

“Alhamdulillah, kita kembali melakukan penanaman pohon untuk meningkatkan kualitas udara di Jakarta dan di Jakarta Timur. Kita lakukan serentak hari ini di beberapa lokasi sebanyak 1.242 pohon produktif kita tanam,” kata Walikota.

Lebih lanjut Walikota menjelaskan, pihaknya akan terus menggandeng seluruh stakeholder di wilayahnya untuk bersama hijaukan Jakarta Timur. Dirinya juga meminta seluruh warganya agar menggiatkan penghijauan produktif dalam pemanfaatan ruang atau lahan yang dijadikan untuk pertanian perkotaan atau urban farming. Sebab, keberadaan tanaman produktif mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk penanggulangan stunting. 

“Jadi apa yang sudah kita berikan ini yaitu penghijauan harus dirawat dengan baik, jika mati menjadi tanggung jawab pemangku setempat, camat, lurah, dan Pengelola RPTRA, kepala sekolah, UPT Rusun, jika mati harus mengganti 10 pohon,” imbuhnya.

Sementara itu, Wadandenma Kostrad, Letkol Inf Harry Eko Sutrisno mengharapkan, hasil dari aksi penanaman yang dilakukan nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta. Menurutnya, ketersediaan lingkungan yang asri dan buah ini bisa menjadi sumber gizi untuk mengatasi persoalan stunting.

“Jakarta sangat mendukung Gerakan Nasional Ketahanan Pangan seperti disampaikan Pak Wali, tidak hanya kualitas udara yang bersama kita perbaiki, tapi tanaman buah juga baik untuk perbaikan gizi,” ungkapnya. (AJ)