Peduli Lingkungan, Warga RT 08 Malaka Jaya Gelar Jalan Santai dan Pungut Sampah 

Jakarta Timur, (3/12/2023) - Warga  RT 008 RW 04 Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit Kota Administrasi Jakarta Timur melakukan aksi jalan sehat sambil memungut sampah. Kegiatan ini bertujuan untuk menggalang kepedulian serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan terhadap lingkungan. 

Kegiatan dipimpin Lurah Malaka Jaya, Asiyanto, didampingi Ketua RW 04 Sularto, dan Ketua RT 008 Taufiq Supriadi. Jalan santai tersebut diikuti ratusan peserta dari 41 Rumah terdiri 38 kepala keluarga, serta para kader PKK, Jumatik dan Dasawisma berpartisipasi dimulai start menyusuri sepanjang Jalan Nusa Indah hingga I Gusti Ngurah Rai dan kembali finish di Jalan Nusa Indah Kelurahan Malaka Jaya. 

"Patut diapresiasi ya, ini bagian rangkaian gagasan baru dari guyup rukun wujud kekompakan warga RT 008 RW 04 Kelurahan Malaka Jaya yang terus peduli akan lingkungan," kata Asiyanto di lokasi, Minggu (3/12/2023). 

Aksi jalan sehat itu bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan kebersihan lingkungan tempat tinggal warga di Wilayah Kelurahan Malaka Jaya khususnya di lingkungan RW 04 yang bertajuk tema 'PLN Mendukung Malaka Jaya Bersama Tumbuh Maju'. Kegiatan juga dirangkai dengan pemberian bibit pohon Cabai Rawita sebagai dukungan pemerintah dalam penghijauan sebagai upaya meningkatkan ketahan pangan. Kegiatan diwarnai peresmian papan informasi (mading) sebagai sarana pemberdayaan masyarakat untuk terus kreatif. 

"Ini rangkaian tindaklanjut dari studi tiru kami mengenai sampah, dan implementasi kami terus berinovasi dengan menguatkan seluruh elemen warga. Kita juga menggaungkan minat eksplorasi warga, lingkungan bersih, bermanfaat dan memanfaatkan sampah menjadi komposting, ada juga kolam gizi, semuanya swadaya dari dan untuk warga RT 08. Sejalan dengan visi kami Bersama Tumbuh Maju menuju Sukses Jakarta Untuk Indonesia," jelas Ketua RT 008 Taufiq Supriadi. (AJ)