Pemkot Akan Lakukan Perbaikan Sistem Drainase di Cakung Timur

Jakarta Timur, (4/12/2023) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar rapat koordinasi penanganan banjir di lingkungan RW 05, 06 dan 012 Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Senin (4/12/2023).  

Rakor yang dipimpin Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, membahas sistem perencanaan perbaikan dari hulu ke hilir sistem drainase saluran sehingga debit air dapat melaju normal menuju waduk Side A dan C hingga berujung ke KBT (Kanal Banjir Timur). Perbaikan akan dilakukan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur.

“Kita tadi membahas mengenai upaya pencegah banjir. Kita juga sudah membahas dimulai dari perencanaan pembangunan sistem drainase berikut kendalanya. Namun kita temukan solusi dimulai dari pengerukan sampai pelebaran saluran sesuai yang dibutuhkan,” katanya.

Dijelaskan Kusmanto, dalam perbaikan sistem drainase di wilayah tersebut juga perlunya adanya perubahan bangunan tanggul dengan komitmen bersama antara PT. Batubara dan PT. Sedayu. Kedua perusahaan diminta terlibat aktif sehingga pengerjaan sistem drainase yang akan dimulai pekan depan dapat berjalan maksimal.

“Pihak stakeholder juga harus terlibat aktif dari koordinasi semua pengerjaan. Sehingga kenyamanan bagi warga di Kelurahan Cakung Timur dari ancaman banjir dapat dirasakan,” pungkasnya. (AJ)