FKDM Didorong Dapat Memberikan Kesejukan dan Kedamaian Jelang Pemilu 2024

Jakarta Timur, (6/12/2023) – Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, menyerahkan secara simbolis kartu tanda anggota kepada lima anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dari 556 anggota FKDM se-Jakarta Timur. Penyerahan dilakukan dalam Sosialisasi Pemilu 2024 kepada anggota FKDM dan Sosialisasi Produk Perbankan Bank DKI Jakarta 2023, di Gedung Serbaguna Blok C, Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (6/12/2023). 

Kegiatan digelar dalam dua sesi, masing-masing diikuti 278 anggota FKDM. Sesi pertama diikuti anggota FKDM dari Kecamatan Kramat Jati, Kecamatan Makasar, Kecamatan Cipayung, Kecamatan Ciracas, dan Kecamatan Pasar Rebo, sedangkan untuk sesi kedua Kecamatan Jatinegara, Kecamatan Pulogadung, Kecamatan Matraman, Kecamatan Duren Sawit dan Kecamatan Cakung.
Walikota menjelaskan sosialisasi yang digelar Kesbangpol Jakarta Timur bertujuan memberikan motivasi kepada seluruh anggota FKDM untuk ikut turut menjaga mengawal dan menjaga Pemilu 2024 yang jujur, dan adil. 
“Tugas dan fungsi FKDM deteksi dini kepada masyarakat, dan ketika ada sesuatu hal yang tidak baik harus melaporkan ke Kesbangpol atau aparat kepolisian dan TNI, agar wilayah menjadi kondusif serta aman,” kata Walikota yang didampingi Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Administrasi Jakarta Timur Handoko Murhestriarso. 

Walikota juga berharap FKDM memiliki kepekaan lebih tinggi menghadapi situasi yang ada di lingkungan masyarakat. Terkait KTA, juga sudah terintegrasi untuk pembayaran TransJakarta.
“Jadi hadirnya FKDM di masyarakat membawa kesejukan, teduh dan damai di lingkungan masyarakat, selain itu mereka bisa mendeteksi kerawanan di wilayah, jadi FKDM bersinergi dengan warga, pengurus RW, RT, dan lurah dalam menjaga kondusivitas di wilayahnya,” tutupnya. (JS)