Rumah Gizi Tanggulangi Stunting Jatinegara Jadi Daya Tarik Studi Tiru PKK Teluk Kepayang

Jakarta Timur, (6/12/2023) – Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung menerima kunjungan kerja jajaran Tim Penggerak PKK Kecamatan Teluk Kepayang, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (6/12/2023). 

Dibawah pimpinan Camat Teluk Kepayang, Joni Suwarno, dengan rombongan berjumlah 35 orang tersebut diterima langsung Plt (Pelaksana Tugas) Lurah Jatinegara, Jariyah, di Ruang Serbaguna Aula Kelurahan Lantai III, Kantor Kelurahan Jatinegara. Kunjungan dalam rangka studi tiru upaya percepatan penurunan angka stunting yang telah diterapkan oleh Kelurahan Jatinegara. 

“Alhamdulillah, dengan senang hati kita terima para jajaran PKK Kecamatan Teluk Kepayang. Di sini, selain bersilaturahmi kita juga melakukan berbagi ilmu dalam pengentasan stunting,” kata Jariyah. 

Menurutnya, permasalahan stunting di Kelurahan Jatinegara hingga kini terus intens dilakukan secara masif dengan mengedepankan orang tua asuh, dan keberadaan empat rumah gizi di RW 03, 013, 014 dan 010 mencakupi Kelurahan Jatinegara untuk menanggulangi stunting.

“Kita terus berkolaborasi semua lintas sektor hingga masyarakat di lingkungan. Optimalisasinya, dari gelombang pertama penanggulangan stunting sudah terlewati baik, dan alami berat dan tinggi badan anak secara baik. Hingga kini menyisakan 28 balita stunting yang menjadi perhatian, dan kita akan upayakan diakhir tahun 2023 capaian stunting di Kelurahan Jatinegara dapat alami penurunan,” tambahnya. 

Sementara itu, Camat Teluk Kepayang, Joni Suwarno, mengakui peran orang tua asuh dan rumah gizi merupakan langkah positif dalam menekan angka stunting. Ditambah, dengan penerapan di Kelurahan Jatinegara Rumah Gizi di masing-masing RW bekerjasama dengan stakeholder jadi bagian menarik untuk untuk diadopsi di wilayah Teluk Kepayang. 

“Keberadaan Rumah Gizi dengan pembinaan serta penyajian menu makan tambahan sebagai daya tarik nafsu makan anak akan kita adopsi. Semoga permasalahan stunting terselesaikan,” ungkapnya. (AJ)