Antisipasi Musim Penghujan, Warga RW 05 Kelurahan Cipinang Lakukan Kerja Bakti 

Jakarta Timur, (17/12/2023) - Dalam rangka mengatisipasi masuknya musim penghujan jajaran Kelurahan Cipinang dengan warga melakukan kerja bakti bersama di Perumahan Kesatrian Brimob APDA (A) Soewandi RW 05 Kelurahan Cipinang, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu (17/12/2023). 

Kerja bakti yang dilaksanakan di RW 05 Kelurahan Cipinang diawali dengan apel yang dipimpin oleh Sekretaris Camat Pulogadung, Sigit Purnomo. Kerja bakti dimonitor langsung Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, bersama jajaran. 

Lurah Cipinang, Watini, menjelaskan kerja bakti bersama warga difokuskan di RT 07 dan RT 08 karena terdapat adanya barang-barang bekas yang harus segera dibersihkan agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk DBD. Sementara itu di RT 12 difokuskan membersihkan saluran air penghubung (Phb) Sodong agar saat turun hujan debit air dapat mengalir dengan lancar sehingga tidak terjadi genangan. 

“Dalam kerja bakti ini, kita melibatkan warga sekitar, para kader PKK, kader Jumantik, Kader Posyandu, Dasawisma, petugas PPSU dan satgas Sudin Sumber Daya Air, serta satgas Lingkungan Hidup,” jelasnya. 

Sementara itu, Nuraini, yang merupakan pengurus RT 12 RW 05 Kelurahan Cipinang, mengatakan, kerja bakti yang dilakukan di RT 12 ini sendiri rutin dilakukan setiap minggunya secara mandiri. Saat ini, warga RT 12 juga dibantu satgas Sumber Daya Air untuk membersihkan saluran air PHB Sodong. 

“Alhamdulillah selama ini di RT 12 selama musim hujan tidak pernah banjir, karena warga di sini tidak pernah membuang sampah ke kali. Warga sudah mempunyai tempat sampah sendiri dan untuk Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) warga juga tidak langsung ke kali karena sudah miliki septic tank sendiri,” papar Nuraini. 

Menurutnya, perhatian terhadap lingkungan warga dari Pemerintah sudah baik sekali, seperti kerja bakti saat ini atau di hari biasa petugas kebersihan baik dari kelurahan dan kecamatan selalu membantu warga membersihkan lingkungan sekitar. (ID)