Mengintip Smart Farming RW 06 Kelurahan Utan Kayu Selatan

Jakarta Timur, (23/1/2024) – RT 01 RW 06 Kelurahan Utan Kayu Selatan memiliki strategi jitu pertanian kota dengan smart farming. Pertanian kota yang ditopang teknologi penyiraman dan pengaturan air otomatis secara digital dengan sistem android. 

Lewat Aplikasi Tanpa Jarak, para pengurus Green Puspa RT 01 dengan mudah mengecek kondisi air dan tanah dari tanaman dan ikan yang mereka rawat. Dengan teknologi itu membuat tanaman lebih produktif dan kolam gizi terawat dengan baik.

Selain di RT 01, smart farming di RW 06 juga terdapat di RT 002, dan RT 005, RW 06, Kelurahan Utan Kayu Selatan. Di ketiga RT terdapat budidaya tanaman produktif atau urban farming, green house, dan kolam gizi dengan budidaya ikan tawar yang hasilnya dibagikan warga yang mengelola dan dijual sebagai pendapatan ekonomi warga yang mengelola.

Lurah Utan Kayu Selatan, Rusli Abidin, mengatakan smart farming sudah dijalankan oleh jajaran RW 06 dan RT 001 Kelurahan Utan Kayu Selatan sejak tahun 2017, dan pihak Kelurahan mendukung dari sisi kebersihan hingga sarana dan prasarana lainnya. Selain itu juga menggandeng Corporate Social Responbility (CSR) dari PLN.

“Dukungan dari kelurahan sendiri yaitu kita menurunkan tenaga PPSU (Penanganan Prasarana Sarana dan Prasarana) untuk membantu penggiat lingkungan di masyarakat ini khususnya RT 001 RW 06, terus juga pembinaan secara berkelanjutan, agar supaya kegitan ini dapat ditularkan kepada RW-RW lain,” ujarnya. (AD)