Tim Penilai Lomba Gotong Royong Tingkat DKI Jakarta Tinjau Kerja Bakti RW 12 Kelurahan Cipinang Melayu

Jakarta Timur, (28/1/2024) - Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, meninjau kegiatan Aksi Kebersihan Minggu Pagi (AKMP) di RW 12 Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Minggu (28/1/2024). 

Peninjauan dalam rangka melihat langsung penilaian Lomba Jakarta Gotong Royong Tingkat Provinsi DKI Jakarta oleh 13 anggota tim juri yang dipimpin Syahril, Biro Bagian Tata Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta. Seperti diketahui, RW 12 Kelurahan Cipinang Melayu menjadi wakil Kota Administrasi Jakarta Timur dalam Lomba Gotong Royong se-DKI Jakarta. 

"Hari ini merupakan penilaian lapangan terkait lomba gotong royong tingkat Provinsi DKI Jakarta, dan tadi sejak kami meninjau di pagi hari warga sudah semarak melakukan kerja bakti," kata Wakil Walikota. 

Dari hasil pemantauan, Wakil Walikota menjelaskan, banyak warga yang turun melakukan kerja bakti di wilayah RW 12 Kelurahan Cipinang Melayu. Tak hanya saat AKMP Minggu, warga dengan sukarela melakukan pembersihan di lingkungan rumahnya masing-masing sehingga lingkungan RW 12 Kelurahan Cipinang Melayu sangat bersih. 

"Mereka melakukan pembersihan tak hanya di area di area rumahnya saja, tetapi depan rumahnya, salurannya juga bersih. Dan juga yang menarik di sini warga RW 12 juga sudah rutin melakukan pengelolaan sampah dari kegiatan bank sampah, karena warga di sini sudah masuk menjadi anggota bank sampah, sehingga terlihat sudah dilakukan sistem dengan baik dan koordinasi dengan baik dan terbukti hasilnya bisa dilihat," jelasnya. 

Dalam kegiatan ini Wakil Walikota didampingi Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur Nuke Dersi, Wakil Camat Makasar Mahpuz, dan Lurah Cipinang Melayu Arroyantoro. 

"Kami bersama tim juri tidak menemukan sampah, lingkungan bersih, dan yang terpenting warga keguyubannya sangat tinggi. Di sini semua warga melakukan kerja bakti, dan ini merupakan contoh yang baik buat seluruh RW di Jakarta Timur, agar melakukan hal yang sama. Dan jika dilakukan di seluruh RW, kami yakin Jakarta Timur akan menjadi kota tanpa sampah di wilayah DKI Jakarta," tutupnya. 

Sementara itu, Ketua Tim Juri Lomba Gotong Royong Tingkat Provinsi DKI Jakarta, Syahril, mengatakan, tim penilai Lomba Gotong Royong Tingkat Provinsi DKI Jakarta melakukan penilaian RW 12 Kelurahan Cipinang Melayu dalam kriteria kegiatan kerja bakti. RW 12 merupakan salah satu dari 6 RW di DKI Jakarta yang menjadi kandidat Lomba Gotong Royong se-DKI Jakarta. 

"Untuk Jakarta Timur RW 12 Kelurahan Cipinang Melayu, merupakan salah satu RW favorit pengelolaan sampahnya. Sebelumnya sudah dilakukan verifikasi di lapangan Selasa lalu," jelasnya. 

Ia menambahkan, penilaian dan peninjauan dilakukan untuk melihat keaktifan partisipasi warga dalam Lomba Jakarta Gotong Royong. 

"Kegiatan lomba dilakukab agar lingkungan menjadi asri, bersih dan lestari, serta meningkatkan partisipasi warga dan menjaga lingkungan tetap bersih," pungkasnya. (JS)