Sudin KPKP Kecamatan Ciracas Gelar Vaksinasi Rabies di RW 11 Kelurahan Kelapa Dua Wetan

Jakarta Timur, (31/1/2024) - Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kecamatan Ciracas menggelar vaksinasi rabies gratis di Sekretariat RW 11 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (31/1/2024). Vaksinasi merupakan rangkaian kegiatan yang digelar 15 Januari - 1 Februari. 

Kasatpel Sudin KPKP Kecamatan Ciracas, Imron, menjelaskan kegiatan dalam rangka mencegah penyebaran penyakit rabies, Sudin KPKP melakukan vaksinasi keliling seperti hari ini di Kelurahan Kelapa Dua Wetan, mulai dari RW 01 sampai RW 12. 

"Sebanyak 4 petugas diturunkan dalam membantu kegiatan vaksinasi rabies di wilayah Kelurahan Kelapa Dua Wetan, yang dilaksanakan hari Senin sampai Kamis, Jumat libur karena waktunya berdekatan dengan Sholat Jumat," jelasnya. 

Vaksinasi rabies dilakukan pada beberapa jenis Hewan Penular Rabies (HPR) seperti kucing, anjing, kera dan musang. 

"Tetapi mayoritas warga yang membawa hewan peliharaannya kucing dan anjing. Untuk hasilnya, setiap RW bervariasi, ada diangka 20 sampai 30 HPR. Tetapi untuk kemarin karena cuacas kurang bagus dari pagi sampai siang hujan jadi sedikit yang membawa HPR mereka untuk di vaksin," ujarnya. 

Sementara itu, Amanda, warga RW 13 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, mengaku membawa dua kucingnya untuk menjalani vaksinasi. 

"Saya merasa terbantu sekali dengan adanya kegiatan vaksinasi rabies di Sekretariat RW 11. Saya mendapatkan informasi dari grup RW 11 dan ini baru pertama kali saya membawa kucing peliharaan saya untuk dilakukan vaksinasi rabies supaya sehat.  Semoga makin rutin melakukan vaksinasi rabies agar hewan-hewan peliharaan semakin sehat," ucapnya. (JS)