Walikota Jakarta Timur Tinjau Perbaikan Turap Longsor di Kelurahan Cipinang

Jakarta Timur, (16/2/2024l) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, meninjau perbaikan turap longsor, di Kali Sunter RT 002 RW 04, Kelurahan Cipinang, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (16/2/2024). 

Walikota menjelaskan, terjadi longsor pada 13 Februari 2024, sehingga terdapat pohon tumbang yang mengakibatkan turap Kali Sunter pecah pada 14 Februari 2024 dini hari. Ia juga menjelaskan terjadinya longsor tersebut mengakibatkan jalan rumah warga menurun ke arah kali yang berisiko longsor tambahan, sehingga Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur bertindak cepat untuk memasang dolken dan bronjong sepanjang kurang lebih 20 meter. 

“Sekarang kita sedang upayakan, bagaimana pohon itu ditebang, diangkat, termasuk puing-puingnya, kita pasang sementara dolken dan bronjong,“ jelasnya. 

Walikota menyebutkan, penanganan tersebut bersifat sementara agar longsor tidak berdampak lebih jauh pada rumah warga ataupun akses warga setempat. Nantinya, Kali yang merupakan aset Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) RI akan dikoordinasikan untuk pengerjaan pembuatan sheet pile atau turap baja yang bersifat permanen. 

Ia juga mengimbau warga setempat untuk hati-hati saat beraktivitas karena sebagian jalan sudah menurun yang berisiko longsor tambahan. Pemasangan dolken dan bronjong bisa rampung satu hingga dua bulan, sehingga aktivitas warga setempat dapat aman kembali. 

“Warga hati-hati, kondisi jalan sudah agak turun saya lihat. Secapatnya mungkin bisa makan waktu 1-2 bulan , kita upayakan minimal ada dolken dulu untuk menahan,” pungkasnya. 

Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Pulogadung, Didi Rusdiada menambahkan, pengerjaan saat ini sedang dilakukan pengangkatan pohon yang tumbang, pengangkatan puing-puing, lalu nantinya akan dikerjakan pemasangan dolken dan bronjong. Ia menyampaikan, pengerjaan mengerahkan 10-12 personel SDA juga alat berat amfibi mini dan dump truck. 

“Untuk sementara, penanganan dengan dolken dan bronjong, kalau permanen nanti kita berkoordinas secepatnya dengan Kementerian PUPR RI,” tuturnya. 

Sementara itu, Ketua RT 002 RW 04 Kelurahan Cipinang, Derajat, menyampaikan terima kasih atas penanganan cepat turap kali yang longsor. Ia menjelaskan ketika terjadi longsor terdapat mobil yang terperosok ke kali tersebut, dengan cepat petugas mengeksekusi mobil dan memperbaiki longsor tersebut. 

“Kejadian Rabu jam 01.15 malam, kebetulan saya ada di tempat, pas berhentinya hujan mobil langsung masuk ke kali. Langsung ditangani malam itu juga, eksekusi mobil diangkat, kejadiannya begitu,” ungkapnya. (AD)