Kerap Jadi Pembuangan Sampah Liar dan Pedagang Kaki Lima, Kelurahan Cijantung Sulap Kawasan Kumuh Jadi Taman

Jakarta Timur, (20/2/2024) - Kerap dijadikan tempat pedagang kaki lima berjualan, tempat parkir dan tempat pembuangan sampah liar, Kelurahan Cijantung menyulap lahan kumuh di Jalan Belly RT 11 RW 09 menjadi taman. Lahan seluas 2x20 meter itu merupakan masuk dalam penataan kawasan Kelurahan Cijantung. 

Hal itu disampaikan Lurah Cijantung, Teguh Suharyono, saat dihubungi tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Selasa (20/2/2024). Ia menjelaskan penataaan kawasan yang menurunkan enam personel petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) merupakan arahan pimpinan untuk menjadikan kawasan indah.

“Kita melakukan penataan yang dulunya tidak terpakai atau kumuh menjadi taman itu dalam rangka agar wilayah tersebut terlihat lebih asri. Ini menjadi taman dalam penataan kawasan unggulan pertama di Kelurahan Cijantung pada 2024,” jelasnya. 

Pemilihan lokasi tersebut dilakukan karena sebelumnya lokasi tersebut dijadikan tempat parkir liar, dan lapak para pedagang kaki lima. Situasi itu mengakibatkan laju kendaraan pengendara motor dan mobil menjadi terganggu. 

“Itu alasan kami memilih lokasi tersebut. Selain itu, lokasi tersebut juga kerap dijadikan tempat pembuangan sampah ilegal oleh warga sekitar, seperti tempat kayu bekas dan ban bekas yang membuat lahan tersebut menjadi kumuh dan tidak tertata. Jadi lahan tersebut kita tata agar menjadi lebih rapi, bersih, hijau dan asri,” jelasnya. 

Teguh berharap setelah ditata, warga ikut menjaga taman yang sudah dibangun agar tetap selalu asri dan bebas dari sampah. “Jadi kebersihan itu bukan tugas PPSU saja, tetapi tugas kita bersama menjaga lingkungan bersih dan rapi,” tutup Teguh. (JS)