Musrenbang Kelurahan Kayu Manis Upayakan Fasilitas Olahraga Guna Hindarkan Kegiatan Negatif Remaja

Jakarta Timur, (28/2/2024) - Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, membuka Sidang Kelompok Kelurahan Kayu Manis Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 di Aula Kantor Lurah Kayu Manis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024).

Kusmanto menjelaskan, Musrenbang membahas 35 usulan warga dari 10 RW yang ada di Kelurahan Kayu Manis, di antaranya 24 usulan fisik dan 11 usulan barang. Ia menyebutkan yang menariknya di Kelurahan Kayu Manis banyak yang mengusulkan sarana olahraga seperti satu set alat tenis meja, perlengkapan futsal, dan satu set alat olahraga bulu tangkis. Hal tersebut sebagai upaya menghindarkan anak muda terjerumus dari kegiatan negatif seperti narkoba dan tawuran.

“Di sini wilayahnya memang tidak rawan banjir, tapi sering terjadi tawuran, makanya tadi banyak Pak RT/RW paling banyak usulan sarana olahraga, supaya mengalihkan anak-anak muda pada saat libur, bulan puasa, atau Lebaran dan selanjutnya mereka beraktivitas untuk berolahraga supaya tidak fokus kegiatan yang tidak baik,” ujarnya.

Ia menyebutkan dari 35 usulan tersebut hampir 40 persen dikerjakan pada tahun 2024 seperti perbaikan saluran air, perbaikan jalan, pengadaan sarana lalu-lintas, hinga pengadaan sarana olahraga yang mendukung kegiatan positif anak muda ataupun warga.

“Dikerjakan tahun ini kurang lebih 40 persen, sisanya 2025. Untuk sarana olahraga rata-rata di tahun ini baik itu tenis meja, futsal, dan juga bulutangkis,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua RW 02 Kelurahan Kayu Manis, Eko Kusumawan, menyampaikan pihak RW mengusulkan tiga usulan yang di antaranya perbaikan saluran air, dan rak buku beserta bukunya. Usulan merupakan upaya pihak RW membantu kegiatan belajar bersama bagi anak-anak setempat.

“Yang pertama adalah perbaikan saluran, yang kedua pengadaan tenis meja untuk menggairahkan masyarakat berolahraga tenis meja, yang ketiga adalah rak buku dan harapannya dengan buku-bukunya, jadi kita mengakomodir anak-anak untuk belajar bersama, mengerjakan PR, dan mereka agar fun learning gitu,” tuturnya. (AD)