Musrenbang Kelurahan Cipinang Besar Utara Bahas Pengadaan Seni Budaya dan Olahraga Guna Hindarkan Tawuran

Jakarta Timur, (1/3/2024) Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto membuka Sidang Kelompok Kelurahan Cipinang Besar Utara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 di Aula Kantor Lurah Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (1/3/2024).

Kusmanto menjelaskan, dalam Musrenbang tersebut terdapat 59 usulan dari 14 RW yang ada, terdiri dari 40 usulan fisik seperti perbaikan jalan juga perbaikan saluran, dan 19 usulan barang. Ia menyebutkan 50 persen dari 59 usulan tersebut akan dikerjakan tahun 2024 dan sisanya akan dikerjakan pada tahun 2025.

Namun ia menyebutkan, ada usulan 10 kegiatan yang berkaitan dengan seni budaya dan olahraga, yakni berupa pengadaan sarana olahraga dan alat musik seperti hadroh. Hal tersebut merupakan upaya pencegahan tawuran remaja agar beralih kegiatan yang positif seperti berolahraga atau berkegiatan seni dan budaya.

“Cipinang Besar Utara ini rawan tawuran, kita harapkan tidak ada lagi tawuran, dan alhamdulillah Pak Lurah sudah mengusulkan di kegiatan yang bersifat seni dan budaya sebanyak 10 usulan. Ini mudah-mudahan bisa menggaet para anak muda untuk mau ikut dalam program seni dan budaya, ini salah satu bentuk pengalihan yang positif,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RW 004 Cipinang Besar Utara, Sadikin menjelaskan, pihaknya telah mengusulkan 5 usulan dalam Musrenbang tahun 2024, yakni seperti perbaikan saluran, pencahayaan jalan, dan pengadaan Alat Peraga Edukatif (APE) pada Pendidikan Anak Usia Dini (APE).

“Itu yang kita usulkan, karena mengingat urgent (mendesak) itu yang kita usulkan dulu,” tuturnya. (AD)