Pembangunan Saluran Jadi Primadona di Musrenbang Kelurahan Cakung Barat

Jakarta Timur, (1/3/2024) – Pembangunan dan peningkatan saluran di seluruh lingkungan warga menjadi usulan primadona dalam usulan Sidang Kelompok Kelurahan Cakung Barat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 di Lantai 3 Kantor Kelurahan Cakung Barat, Jumat (1/3/2024).

Terdapat 14 usulan pembangunan saluran dari 38 usulan yang terangkum dari masyarakat dibahas berdasarkan hasil dari Rembuk Rukun Warga (RW) yang tervalidasi berdasarkan kebutuhan dan survei tugas teknis Pra Musrenbang di Kelurahan Cakung Barat yang merupakan rangkaian dari proses penyusunan APBD untuk Tahun 2025 di Kota Administrasi Jakarta Timur.

Di bawah pimpinan Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur, Eka Darmawan, gelaran sidang kelompok menjadi perhatian dengan mengedepankan kebutuhan masyarakat.

“Jadi 9 usulan dari SDA (Sumber Daya Air) mengenai perbaikan atau pembangunan saluran dapat dikerjakan dan sisanya menunggu surat untuk nantinya dapat di lakukan pengerjaan,” kata Eka.

Menurutnya, kebutuhan warga tersebut mengenai perbaikan saluran telah diajukan sebelumnya, namun masih belum dikerjakan. Dengan itu, diharapkan di tahun 2025 dapat menjadi prioritas dalam penanggulangan banjir.

“Kita minta SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait dapat mengerjakan sehingga menjadi jawaban untuk menyejahterakan masyarakatnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Cakung Barat, Rahmat Arif, mengakui pihaknya memprioritaskan pembangunan saluran, dimana di wilayahnya kerap terjadi genangan saat datangnya hujan.

“Kita inginkan realisasi pengerjaan, sehingga menjadi kebutuhan warga akan pembangunan saluran terwujud,” jelasnya. (AJ)