Musrenbang Kelurahan Utan Kayu Selatan, Perbaikan Kali Namru Akan Dipercepat

Jakarta Timur, (1/3/2024) - Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, membuka Sidang Kelompok Kelurahan Utan Kayu Selatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 di Aula Kantor Lurah Utan Kayu Selatan, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Jumat (01/03/2024).

Iin menjelaskan, Musrenbang Kelurahan Utan Kayu Selatan membahas 57 usulan, 55 usulan fisik dan 2 usulan pengadaan barang. Ada beberapa hal yang perlu didiskusikan karena sangat urgensi terkait kebutuhan warga pada lokasi yang berdekatan menyangkut antar RW, seperti perbaikannya saluran, perbaikan jalan, dan pengadaan speed trap.

“Ada 11 usulan dari Bina Marga yang penting dan bisa dilaksanakan tahun ini, dan tidak perlu menunggu untuk usulan tahun 2025. Artinya percepatan layanan publik ini memang kita harapkan bisa diakomodir oleh UKPD walaupun harus tetap melihat kecukupan anggaran yang ada,” jelasnya.

Lurah Utan Kayu Selatan, Rusli, mengatakan, dari 57 usulan, beberapa di antaranya usulan perbaikan saluran, jalan dan lampu penerangan jalan, dan pengerukan Kali Namru yang berada di RW 08. Pengerukan Kali Namru terkendala dengan adanya jembatan yang menghubungkan antara RW 08 dan 09, dan ada tiga jembatan yang harus dibongkar karena pengerukan tersebut.

“Sudin SDA (Sumber Daya Air) sudah memberi jaminan bahwa kegiatan pembangunan jembatan akan dilaksanakan tahun ini dengan sistem buka tutup,” jelas Rusli  yang berharap dengan adanya pengerukan Kali Namru yang terhubung dengan Kali Galur Sari dapat menampung debit air saat curah hujan yang tinggi. (ID)