Musrenbang Kelurahan Gedong Bahas 49 Usulan Warga

Jakarta Timur, (4/3/2024) - Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur, Eka Darmawan, membuka Sidang Kelompok Kelurahan Gedong Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 di Aula Lantai III, Kantor Lurah Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Senin (04/03/2024). Sebanyak 49 usulan dari 12 RW dengan rincian 35 usulan fisik 14 usulan pengadaan barang dibahas dalam Musrenbang tersebut. 

Eka menjelaskan, dari usulan yang dibahas beberapa bisa dilaksanakan di tahun 2024 ini dan selebihnya diteruskan untuk tahun 2025. "Saya berharap apabila usulan warga seperti perbaikan atau pengaspalan jalan, serta pengadaan cermin cembung warga bisa menjaga dan memelihara sehingga bisa bertahan lama. Jangan sampai baru sebentar cermin sudah buram dan rusak,” ujar Eka. 

Sementara itu, Lurah Gedong, Nunung Siti Cholimah, menjelaskan dalam Musrenbang, usulan fisik yang terbanyak diusulkan untuk Sudin Bina Marga. salah satunya berupa perbaikan jalan dan saluran air.

Beberapa usulan prioritas warga di antaranya perbaikan jalan rusak di Gang H. Marta RT 01 RW 12 (Samping Unindra), penanganan  longsor di RT 04 RW 11, serta longsor Kalibaru RW 09 jalan Trikora.

“Kita berharap usulan warga bisa diakomodir di tahun 2025 karena usulan tersebut merupakan kebutuhan warga, bahkan ada beberapa usulan dilaksanakan ditahun ini,” jelas Nunung.

Ketua RW 02 Kelurahan Gedong, Maskun, menambahkan, sebenarnya usulan dari tingkat RT ada sebanyak 23 usulan namun dipangkas di tingkat RW menjadi 5, lalu menjadi 3 usulan di tingkat Kelurahan, terutama usulan yang benar-benar menjadi prioritas. 

“Ketiga usulan kita yang masuk berupa perbaikan saluran air yang sudah mulai retak dan membahayakan para pengendara bermotor dan pejalan kaki karena lebarnya itu hanya 1,5 meter saja dan usulan lainnya berupa sarana outdoor PAUD,” jelas Maskun. (ID)