Musrenbang Kecamatan Matraman Bahas 251 Usulan

Jakarta Timur, (7/3/2024) – Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, memimpin pembahasan 251 usulan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Matraman  2024 yang berlangsung di Aula Serbaguna Lantai 4 Kantor Kecamatan Matraman, Kamis (07/03/2024).

“Alhamdulilah ada 251 usulan yang dibahas hari ini. Memang secara umum ini sudah pembahasan level keempat di kecamatan, artinya sudah melalui tahapan penyaringan yang kita sudah bahas, mulai dari RW dan kelurahan yang justru disitulah kita berdiskusinya lebih panjang. Artinya memang sudah secara singkat dibahas di kecamatan, tinggal memastikan saja hal yang untuk disampaikan oleh Unit Kerja Pemerintah Daerah (UKPD) terkait atau masukan dari masyarakat,” kata Wakil Walikota. 

Dari total jumlah usulan, 63 akan dilaksanakan pada 2024 dan sementara 91 usulan dikerjakan pada 2025, sisanya sebanyak 97 tidak diakomodir. Berdasarkan jenis, usulan fisik mendominasi dengan 204 usulan, sementara usulan barang mencapai 47 item. 

Berdasarkan hasil Musrenbang dan implementasinya nanti, Wakil Walikota berharap tak hanya pihak terkait yang ikut menjaga dan memelihara, tapi juga butuh andil masyarakat. 

“Ke depan bukan hanya kita merealisasikan tapi juga sama-sama memelihara apa yang sudah dibangun, bukan hanya pekerjaan pemerintah saja tapi semua pihak, semua kompenen, pemerintah, masyarakat dan swasta, ikut menjaga” jelasnya. 

Camat Matraman, Bambang Pangestu menambahkan, dari hasil Musrenbang, usulan favorit yakni kegiatan fisik terutama untuk Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) untuk pembuatan speed trap, speed bump dan kaca lalu lintas. 

“Ada juga yang menjadi primadona seperti Bina Marga, Sudin SDA (Sumber Daya Air). Mereka primadona karena memang ada usulan untuk perawatan, ada juga yang diusulkan untuk pembuatan baru atau juga pergantian-pergantian u-ditch atau penutup saluran dan sebagainya,” jelas Bambang. 

Dari pemaparan para UKPD, selain untuk Sudinhub beberapa hal fisik yang menjadi usulan warga yang muncul dalam Musrenbang di antaranya seperti perbaikan dan penataan saluran untuk pihak Sudin SDA,  atau juga pemasangan penerangan jalan di Jalan Lontar 1 dan 2 di RW 01 Kelurahan Kayu Manis yang menjadi tugas Suku Dinas Perumahan. (TM)