Musrenbang Kecamatan Makasar Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur 

Jakarta Timur, (7/3/2024) - Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Makasar Tahun 2024, di Aula Serbaguna Lantai 1 Kantor Kecamatan Makasar, Kamis (07/03/2024). 

Dengan total 233 usulan dari lima kelurahan yang telah di bahas pada Sidang Kelompok di masing-masing kelurahan. Adapun rinciannya sebagai berikut, 189 usulan fisik dan 44 usulan barang. 

Sekko menjelaskan, Musrenbang merupakan agenda rutin yang harus menjadi perhatian semua. Bagaimana para pemangku kepentingan dan unsur lainnya dapat menyepakati hasil Musrenbang secara bersama-sama. Serap dan kawal aspirasi masyarakat yang menjadi usulan prioritas agar bisa segera direalisasikan. 

"Musrenbang Kecamatan Makasar mendapatkan 233 usulan yang diverifikasi. Dari jumlah tersebut, 112 usulan diteruskan di tahun 2025, 88 usulan teranggarkan tahun 2024, dan 32 usulan ditolak serta ada 1 usulan yang diteruskan di tahun 2026,” kata Kusmanto. 

Dilanjutkan Kusmanto, terdapat juga usulan prioritas dalam Musrenbang Kecamatan Makasar ada 3 usulan, yakni rehab total dan relokasi Puskesmas Kelurahan Cipinang Melayu yang terdampak banjir, tidak memiliki akses parkir dan berada di jalan MHT dengan lebar 3 meter. Nantinya Puskesmas akan direlokasi di lahan milik Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta terletak di Jalan Pangeran 2 No. 38 RT 004 RW 04, Kelurahan Cipinang Melayu. 

Usulan lainnya pembangunan sekolah SMAN dan SMKN di Kelurahan Makasar di  di lahan yang berlokasi di Nalan Kerja Bakti RT 009 /RW 07, Kelurahan Makasar seluas 5000 meter persegi. Serta rehab total Gedung Damkar Gulkarmat Kecamatan Makasar (eks Kantor Kelurahan Makasar Lama) di Jalan Kerja Bakti Kelurahan Makasar. 

Sementara itu, Camat Makasar, Kamal Alatas, mengungkapkan dalam Musrenbang Kecamatan Makasar  diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

”Tidak hanya dalam membangun infrastruktur, namun juga beragam pelatihan yang disediakan agar diperhatikan,” ungkapnya. (AJ)