Warga RW 04 Kelurahan Malaka Jaya Deklarasikan Hunian Ramah Lingkungan

Jakarta Timur, (10/3/2024) - Warga di lingkungan RW 04 Kelurahan Malaka Jaya bersiap menjadi pilot project sebagai wilayah pelopor dalam menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati.

Langkah tersebut dilakukan dengan mendeklarasikan sebagai wilayah hunian ramah lingkungan. Nantinya RW 04 yang terdiri dari 13 RT akan melakukan penghijauan, pengelolaan sampah dimulai dari limbah rumah tangga hingga kolam gizi yang dapat bermanfaat besar bagi masyarakat.

"Alhamdulillah, atmosfer semangat warga RW 04 Kelurahan Malaka Jaya sangat tinggi ya, dimulai sosialisasi dan deklarasi hunian yang ramah lingkungan sesuai yang disampaikan Nara sumber Prof. Sony Teguh Laksono dan Pak Taufiq dari paparan yang ada cukup konkrit sudah ada strategi, rencana aksi dan target. Kita harapkan ini dapat direalisasikan secara baik dan maksimal," kata Camat Duren Sawit, Kelik Sutanto, di Sekretariat Kantor RW 04 Jalan Nusa Indah Kelurahan Malaka Jaya, Minggu (10/3/2024).

Dirinya juga melihat inovasi yang digaungkan berupa 'Laskar Lingkungan' dimulai dari pemberdayaan anak anak  secara berputar lingkungan untuk mengingatkan pemeliharaan penghijauan, mulai dari menyiram dan memupuk tanaman serta menjaga keasrian lingkungan dari bebas sampah untuk dikelola secara baik menjadi kompos.

"Nah, ini menjadi satu kesatuan ya, terlibat warga dimulai dari anak anak, PKK, tokoh agama dan masyarakat setempat, ini patut menjadi pilot project yang harus di perhatikan. Dan ini tentunya sejalan dari enam indikator mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global," imbuhnya.

Hal senada di sampaikan Prof. Sony Teguh Laksono, selaku pegiat lingkungan hidup nasional dan pendiri Rumah SOPAN. I mengakui adanya gagasan luar biasa bagi RW 04 Kelurahan Malaka Jaya dan terlihat antusiasme bergerak cukup baik dalam pengabdian untuk melestarikan lingkungan.

"Deklarasi ini sengguh luar biasa ya, dari akar rumput lingkungan RT/RW bahkan komplit didukung oleh Pak Lurah dan Camat nya untuk bersama gerak bersama dalam gerakan nyata untuk diterapkan di kehidupan sehari hari dan berperan aktif dalam membangun budaya peduli lingkungan," ujarnya.

Ketua RW 04 Kelurahan Malaka Jaya, Sularto menegaskan, deklarasi hunian ramah lingkungan ini dapat berdampak positif bagi lingkungan. Diketahui, bahwa di wilayahnya terdapat 600 rumah yang menjadi perhatian khusus untuk memulai dalam pencegahan planetary crisis atau perubahan iklim.

"Menjaga keanekaragaman hayati ini sudah menjadi kewajiban kita bersama dan kami seluruh warga. Ini akan kita mulai dari pengelolaan limbah rumah tangga dan penghijauan lingkungan," pungkasnya. (AJ)