Warga Jakarta Timur Ikuti Pelatihan Las di GOR Kelapa Dua Wetan

Jakarta Timur, (21/3/2024) - Sebanyak 10 peserta mengikuti pelatihan las di Pusat Pelatihan Kerja Pelatihan Las (PPKPL) Condet, di Gelanggang Olahraga (GOR) Kelapa Dua Wetan, Kelurahan Kelapa Dua Wetan Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (21/3/2024).

Kegiatan dilaksanakan selama 1 bulan penuh dimulai pada 19 Februari hingga 26 Maret 2024. Pelatihan ini sebagai upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan skill warga masyarakat.

Instruktur Pelatihan Las Mobile Training Unit di GOR Kelapa Dua, Cahya Hendra Kurniawan, menjelaskan pelatihan las berbasis kompetensi dilakukan sebanyak 30 kali tatap muka. 

“Semua yang mengikuti ini pelatihan las mendapatkan alat pelindung diri (APD), makanan ringan, makan siang dan sertifkat kompetensi. Selain itu juga seluruh peserta juga mendapatkan fasilitas cover asuransi apabila mereka di saat pelatihan terjadi kecelakaan,” kata Cahya. 

Diharapkan dengan adanya pelatihan, seluruh peserta bisa mengembangkan ilmunya kembali dan menjadikan ilmu tersebut untuk mendapatkan penghasilan dalam kehidupan sehari-hari. 

“Kami berharap, mereka yang tadinya tidak bekerja menjadi bekerja kembali,” harapnya. 

Sementara itu Kepala Seksi Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Taufiq Hidayat, menambahkan kegiatan MTU Pelatihan Las warga Kelurahan Kelapa Dua Wetan diharapkan mampu membuat para peserta mengembangkan diri. 

“Jadi ketika warga yang sudah mengikuti kegiatan ini bisa membuka lapangan pekerjaan di wilayah Kelurahan Kelapa Dua Wetan, dalam rangka peningkatan ekonomi dan mengurangi angka pengangguran di wilayah DKI Jakarta,” ungkapnya. (JS)