Kelurahan Gedong Ubah Lahan Kosong Jadi Kawasan Unggulan Bernuansa Budaya Betawi

Jakarta Timur, (22/3/2024) - Kelurahan Gedong mengubah lahan kumuh menjadi taman di Jalan Trikora RT 01 RW 09, samping Kali Baru, Kelurahan Gedong Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Taman seluas 108 meter persegi jadi penataan kawasan unggulan Tri Wulan 1 Kelurahan Gedong.

Penataan sekaligus dilakukan demi menjaga lahan milik pemerintah agar tidak disalahgunakan oleh oknum tertentu. Taman yang dikerjakan 10 petugas PPSU mengangkat nuansa dan tema budaya Betawi agar menarik minat masyarakat.

“Penataan kawasan unggulan triwulan pertama dilakukan sejak bulan Januari, lahan yang tadinya kurang tertata dan berada di pinggir kali, jadi takutnya diokupasi warga karena pemikiran mereka bisa dimanfaatkan, padahal ini lahan milik pemerintah. Banyak warga sebelumnya memanfaatkan lahan pemerintah tapi kurang peduli dan tidak jaga kebersihannya hingga terlihat kumuh,” kata Kepala Seksi Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kelurahan Gedong, Fithri Hanafia.

Taman Cinta menjadi nama taman karena diharapkan ketika mencintai lingkungan, masyarakat bisa mencintai kampung sendiri, dalam hal ini Kelurahan Gedong.

“Dengan begitu, mereka akan ikut serta menjaga wilayah tetap baik, dari kebersihan, kerapihan dan keindahan. Jadi sama-sama saling menjaga kebersihan, bukan saja tugas dari PPSU, tetapi seluruh elemen warga masyarakat juga ikut serta bisa menjaga lingkungan tetap bersih dan indah," tutupnya. (JS)