Walikota Salat Tarawih Berjamaah Sekaligus Tampung Aspirasi Warga Utan Kayu Utara

Jakarta Timur, (2/4/2024) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, menjalani Safari Ramadan dengan salat tarawih berjamaah, di Masjid Jami Nurul Amal, Kelurahan Utan Kayu Utara, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Senin (1/4/2024) malam. 

Walikota menyampaikan, kegiatan Safari Ramadan bertujuan mempererat tali silaturahmi sekaligus menjalani salat tarawih berjaamah dengan warga sekitarnya. Dengan kedekatan tersebut Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur berharap dapat mengetahui permasalahan dan kebutuhan masjid di lingkungan warga Utan Kayu Utara. Seperti saat ini Masjid Jami Nurul Amal membutuhkan ambulans agar bisa digunakan warga yang membutuhkan. 

“Tentunya tadi disampaikan oleh pengurus masjid, beberapa hal. Insyaallah kami fasilitasikan, antara lain beliau ingin memiliki ambulans siaga di tempat ini. Jadi, kalau ada apa-apa masyarakat bisa menggunakan, baik yang sakit atau kematian sebagainya. Saya kira hal yang baik sekali, saya sangat apresiasi dan mendukung kegiatan ini,” ujarnya. 

Ia berharap juga masjid tersebut dapat menjadi masjid ramah anak, sekaligus menjadi tempat edukasi anak usia dini untuk mendalami ilmu keagamaan. Sehingga dapat menghindarkan generasi muda tumbuh dengan hal-hal yang negatif. 

“Bagaimana kita mengedukasi PAUD (Pendidikan Usia Dini) kita bisa menjadi anak-anak yang memiliki intregitas keislaman yang luar biasa. Ketika masuk dewasa, saya kita tidak ada lagi sifat tawuran dan sebagainya, jadi saya minta dari sejak PAUD bagaimana cinta dengan masjid. Masjid ini sangat bagus kecil tapi jamaahnya banyak di tengah pemukiman padat, tentunya sangat bermanfaat untuk lingkungan,” pungkasnya. 

Di sisi lain, KH. Zaenuri, sebagai Wakil Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jakarta Timur yang sekaligus imam dan penceramah salat tarawih tersebut, menyampaikan, kegiatan Safari Ramadan Walikota Administrasi Jakarta Timur menambah semangat masyarkat menjalani salat tarawih dan keeratan masyarakat. Ia berharap kegiatan tersebut dapat ditingkatkan guna mempererat tali silaturahmi masyarakat. 

“Safari Ramadan Pak Walikota cukup menggembirakan warga, sehingga warga kedatangan Pak Wali, senang sekali. Maka itu, harapan kami ke depan kegiatan seperti terus ditingkatkan, sehingga warga bisa melihat langsung pimpinan wilayahnya, bisa bersilaturahmi, bisa bercerita, bisa banyak hal yang disampaikan oleh Pak Wali, dan mereka akan senang bisa menyampaikan seperti itu,” tuturnya. (AD)