Pelayanan Puskesmas Kelurahan Rawa Bunga Sudah Efektif Sejak Libur Lebaran

Jakarta Timur, (16/4/2024) – Puskesmas Kelurahan Rawa Bunga tetap aktif melakukan pelayanan kesehatan masyarakat saat cuti bersama libur Lebaran 2024. Sementara pada perayaan puncak Hari Raya Idul Fitri, 10-11 April, pelayanan seluruh Puskesmas Kelurahan dialihkan ke Puskesmas Kecamatan Jatinegara untuk pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD).

Hal itu disampaikan Kepala Puskesmas Kelurahan Rawa Bunga, drg. Ruth Kristin. Ia menjelaskan saat cuti bersama Idul Fitri, pelayanan berjalan normal mulai pukul 08.00-12.00 WIB, terutama untuk layanan poli umum. 

“Kami cuti bersama tetap masuk, kami masuk tanggal 8-9, sedangkan libur hanya tanggal 10 dan 11 April. Tanggal 12, 13 kami tetap masuk, jadi berjalan seperti biasa saja, hanya tanggal merah saja kami tidak masuk, tapi yang cuti bersama itu dibikin piket,” jelasnya, Selasa (16/4/2024).

Efektivitas pelayanan juga tetap sama pasca libur Lebaran, mulai Selasa (16/4/2024). Pelayanan berjalan seperti biasanya, seperti pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Health Research Consultant (HRC), Balai Pengobatan Umum (BPU), poli gigi, pelayanan kesehatan anak. Hingga pukul 09.30 WIB, Puskesmas Rawa Bunga sudah melayani 66 pasien dan kemungkinan akan terus bertambah hingga berakhirnya jam operasional pukul 16.00 WIB.

“Per jam setengah 10 pasien sudah 66 orang, tidak tahu sampai sore bisa sampai 100, karena hari ini pertama buka untuk semuanya,” jelasnya.

Sementara itu, Annisa Rahma, warga RT 001 RW 09 Kelurahan Rawa Bunga, menyampaikan telah menjalani pemeriksaan atas keluhan sakit diare yang dialaminya dari Puskesmas Kelurahan Rawa Bunga.

“Saya diare dan muntah-muntah, saya mendapatkan obat diarenya sama mualnya juga. Pelayanannya cukup cepat, walaupun sedikit ngantri,” ungkapnya. (AD)