Kelurahan Jatinegara Gencarkan PSN Cegah Chikungunya dan DBD di Lingkungan RW 010

Jakarta Timur, (19/4/2024) - Jajaran Kelurahan Jatinegara melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di lingkungan RW 10, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Jumat (19/4/2024). Ditargetkan Aksi PSN menyasar pada hunian warga padat penduduk dengan melakukan pemeriksaan jentik nyamuk oleh petugas gabungan.

Plt (Pelaksana Tugas) Lurah Jatinegara, Jariyah, mengatakan aksi PSN itu digelar bagian upaya pemerintah dalam mengedukasi masyarakat untuk tetap lakukan pola hidup bersih dan sehat (PHSB) di lingkungan masing-masing. 

"Kita gabungan lakukan PSN dan di lingkungan ini bukan hanya mengantisipasi DBD saja tapi berdasarkan informasi di RT 006, 007 dan 008 RW 010 terdapat 35 kasus warga terjangkit infeksi wabah nyamuk chikungunya Aedes aegypti atau Aedes albopictus," katanya saat dikonfirmasi. 

Menurutnya, ancaman cuaca ekstrem saat ini harus mewaspadai wabah DBD dan Aedes Albopictus atau nyamuk Chikungunya. Pasalnya, nyamuk ini senang hidup dan berkembang biak di genangan air bersih seperti bak mandi, pot atau vas bunga, dan juga kaleng atau botol bekas yang menampung air bersih.

"Tak hanya kader kita minta kepada warga membiasakan untuk Jumantik mandiri. Mengurangi barang bekas dengan 3M, hidup bersih dan sehat. Harapan kita agar tidak ditemukan kembali kasus dari ancaman virus dari gigitan nyamuk," imbuhnya.

Ketua RW 010 Kelurahan Jatinegara, Muhammad Suharto Abdul Karim, mengatakan dirinya beserta jajaran dan para kader PKK, Dasawisma dan Jumantik hingga Posyandu di wilayahnya akan terus untuk memotret kondisi kesehatan di masyarakat. Utamanya pada kondisi kesehatan dampak cuaca  ekstrem dan tumbuh kembang anak.

"Ini kewajiban kita bersama dalam mewujudkan masyarakat  sejahtera. Selain rumah warga juga kita fokus pemberantas jentik nyamuk di 3 RT termasuk sarana pendidikan SD Negeri 01 dan 02 Pagi Jatinegara. Tentunya ini bagian motivasi kami untuk terus menjaga kebersihan lingkungan bersih dan sehat," pungkasnya. (AJ)