1.000 Pohon dan Bibit Diterima Warga Kecamatan Matraman dari Koramil 02 Matraman

Jakarta Timur, (19/4/2024) - Plt. Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Lingkungan Hidup Kota Adiministrasi Jakarta Timur, Eka Darmawan, menghadiri kegiatan Peduli Lingkungan Hidup Ketahanan Pangan Dan Stunting Komandan Rayon Militer (Danramil)-02/Matraman di halaman SDN 25 Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Jumat (19/4/2024). Sebanyak 1.000 Tabulampot (tanaman buah dalam pot) dan 1.000 bibit sansevieria diserahkan Koramil 02 kepada warga di wilayah Kecamatan Matraman.

Selaku perwakilan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, Eka mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas sumbangsih 1.000 pohon Tambulampot dan 1.000 bibit sansevieria yang akan diberikan kepada masyarakat enam kelurahan di Kecamatan Matraman. Ia juga menilai hal tersebut selaras dengan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menanam pohon guna peduli terhadap lingkungan untuk menjaga lingkungan lebih baik lagi.

Apalagi menurutnya, wilayah Kecamatan Matraman tidak memiliki banyak titik untuk bercocok tanam. Namun dengan pemberian tersebut, nantinya pohon dan bibit tersebut akan di tanam di rumah masing-masing dengan menggunakan media tanam pot.

“Matraman yang memang lahannya sempit, untuk itu dilakukan menanam dalam pot, ini luar biasa sekali, sehingga ini mendorong motivasi masyarakat supaya tetap peduli terhadap lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu, Danramil - 02 Matraman, Mayor Arm TNI, Ahmad Budiman, menjelaskan 1.000 tanaman yang dapat tumbuh di pot itu beragam jenisnya, seperti buah mangga, alpukat, jeruk dan sansevieria yang merupakan penghasil oksigen yang mudah ditanam. Diharapkan pohon-pohon itu bermanfaat bagi masyarakat untuk menjaga lingkungan dan bisa memanfaatkan hasil dari pohon-pohon buah tersebut sebagai penanganan stunting. Untuk perawatan tanaman tersebut pihaknya juga akan memberikan bantuan seperti pupuknya.

“Ini adalah program kami dari Koramil 02/Matraman, saya sebagai Danramil, peduli dengan masyarakat Matraman. Kami berikan tanaman dalam pot, dihadapkan dengan lahan yang sempit, sehingga mereka bisa menanam di depan teras masing-masing tanpa harus menggali dengan lahan-lahan yang lebih luas, di atas keramik atau pot tanaman itu sudah bisa berbuah, tinggal kita bagaimana memberikan pupuk buah dan pupuk bunga sehingga tanaman ini bisa berbuah,” jelasnya.

Ketua RW 04 Kebon Manggis, Suparlan, menyambut baik adanya pemberian pohon dan bibit tersebut. Ia berharap masyarakat Kecamatan Matraman semakin giat menjaga lingkungan menjadi asri.

“Ini memang bagus sekali, karena memang Jakarta itu gersang masih banyak yang belum ditanam, harapan kita, warga bisa menanam walaupun dengan pot-pot harapan bisa bagus ke depannya,” tuturnya. (AD)