Ratusan Pelajar di Jakarta Timur Ikuti Seleksi Paskibraka 2024

Jakarta Timur, (20/4/2024) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melalui Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Jakarta Timur di halaman Kantor Walikota, Sabtu (20/4/2024). 

Tercatat 652 peserta pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) terbaik se-Jakarta Timur dengan mengikuti seleksi Paskibraka yang dibuka secara resmi Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto. 

Dalam kesempatan itu, Kusmanto, berpesan kepada peserta seleksi agar mengikuti tahapan ini dengan baik. Sebab, seleksi ini dapat menambah wawasan sekaligus rasa nasionalisme juga sebuah kehormatan dalam rangka mengemban tugas mulia pada hari bersejarah upacara bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2024 mendatang. 

“Kami harapkan agar seleksi ini berjalan dengan baik dan profesional agar yang terpilih nanti benar-benar putra putri terbaik daerah yang dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Tak hanya berakhlak dan budi pekerti serta pengetahuan juga harus memiliki semangat serta mental yang cukup untuk mengabdi dan berbuat yang terbaik untuk bangsa,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Administrasi Jakarta Timur, Handoko Murhestriarso menjelaskan, pembukaan yang ditandai dengan apel Paskibraka 2024 Kota Jakarta Timur ini merupakan rangkaian tahap keempat dalam seleksi Paskibraka. Sebelumnya, dari 1.100 peserta didik terdaftar  yang nantinya akan diambil 32 pasang atau 64 pria dan wanita termasuk akan diikutsertakan ke tingkat Provinsi DKI Jakarta. 

Ditegaskan Handoko, pihaknya meminta kepada tim seleksi dapat memberikan penilaian yang obyektif. "Yang terpilih pastinya mempunyai keterampilan baris-berbaris yang baik,  perilaku yang baik, kesehatannya baik, serta yang kita pilih nanti punya mental bagus, karena nantinya mereka menjadi generasi terdepan dari Paskibraka," ujarnya. 

Syaikhu Arfananda, peserta seleksi Paskibraka dari SMAN 39 Jakarta, mengaku senang dapat mengikuti seleksi Paskibraka 2024 Kota Jakarta Timur. Dirinya, akan membuktikan mampu menjalani dan lulus tes dari setiap tahapan seleksi. 

"Pengalaman pertama ya, terus berjuang dan persiapkan mental kesehatan dan kemampuan keterampilan juga wawasan," ungkapnya. 

Hal senada diungkapkan Sabrina, peserta seleksi dari SMAN 50 Jakarta. Ia menegaskan dirinya akan siap bersaing dalam mewujudkan harapanya sebagai Paskibraka Kota Jakarta Timur 2024. 

"Optimis ya, selain mental yang harus dikuatkan juga berbagai wawasan kebangsaan," ucapnya. (AJ)