Walikota Jakarta Timur Dengar Langsung Keluhan Warga Kelurahan Penggilingan

Jakarta Timur, (26/2/2024) – Usai melakukan kegiatan Safari Jumat, Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, langsung melakukan peninjauan lokasi yang kerap terjadi genangan dan dikeluhkan warga, di Jalan Marzuki 4 RW 02 dan Rw 12, Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Jumat (26/04/2024).

Dalam tinjauan itu, Walikota yang didampingi Camat Cakung Fajar Eko Satrio, Plt (Pelaksana Tugas) Lurah Penggilingan Priyati, dan Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA (Sumber Daya Air) Jakarta Timur Puryanto, sempat menyusuri jalan Marzuki 4 dengan melihat langsung saluran penghubung yang mengalami penyempitan hingga menyebabkan genangan pada saat hujan. Mereka juga menyempatkan diri melakukan dialog dengan warga sekitar.

Menurut Walikota, saluran yang ada sudah tidak berfungsi dengan baik, dan harus dibuat saluran baru dengan u-ditch atau box culvert yang ditanam di bawah jalan, sehingga jalan masih bisa berfungsi dan genangan yang dikeluhkan warga bisa teratasi.

“Mudah-mudahan dapat segera terealisasi sehingga warga tidak lagi merasakan daerahnya tergenang. Saya juga minta pak RW dan pak RT sosialisasikan ke warga semuanya, harus sepakat kalau kita akan kerjakan, dan minta kerjasamanya kalau sementara waktu jalannya akan ditutup. Sebagian serta ajak warga juga kerja bakti bersama, selesaian permasalahan ini bersama," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Timur, Puryanto, menyampaikan akan segera melakukan pengecekan lapangan bersama tim perencanaan, karena untuk mengetahui elevasi sehingga saluran yang akan dibuat berfungsi dengan baik.

“Kami akan segera cek lapangan bersama tim untuk mengetahui elevasinya karena dalam pembuatan saluran itu sistem aliran draimase itu yang diutamakan, dan perlu segera disosialisasikan dengan warga dan pemilik utilitas, " terangnya. 

Sementara itu, LMK RW 02 Kelurahan Penggilingan, Sudito, mendukung penuh rencana pembuatan saluran baru karena memang dibutuhkan warga.

“Kami berharap dapat segera dilaksanakan dan kami bersama RW dan RT akan melakukan sosialisasi ke warga karena ini memang kebutuhan bersama, agar tidak ada genangan diwilayah kami,” ucapnya.