Pemkot Bangun Sinergitas dengan Ormas Demi Pembangunan yang Lebih Baik

Jakarta Timur, (29/4/2024) - Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, membuka kegiatan Pembinaan Peran Organisasi Masyarakat (Ormas) dalam pembangunan di Jakarta Timur, di Ruang Serbaguna Blok C, Kantor Walikota Jakarta Timur, Senin (29/4/2024).

Kusmanto menjelaskan pembinaan dilakukan untuk membangun kebersamaan dan sinergitas antara Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dengan ormas, yang dalam hal ini untuk pembangunan di Jakarta Timur.

“Tujuannya adalah ingin ada kerjasama dengan para ormas dalam rangka membangun sinergis terutama pada kegiatan pembangunan kemasyarakatan dan kepedulian masyarakat,” katanya.

Ormas dibutuhkan pemerintah untuk memberikan kritik yang bersifat membangun, jika ini dilakukan diharapkan sinergis dalam membangun dan menyelesaikan segala permasalahan di Jakarta Timur lebih mudah.

“Kita butuh organisasi masyarakat untuk membangun kritik yang baik. Jadi harapan kita bahwa omas nanti ke depan memang harus sama berdampingan dengan pemerintah, tidak ada jarak. Kita butuh masukan dari ormas, supaya jalan roda pemerintahan ini bisa berjalan di koridornya, perlu ada yang mengoreksi kalau ada yang salah,” jelasnya. 

Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Administrasi Jakarta Timur, Handoko menambahkan, ada beberapa materi yang diberikan dalam pembinaan ormas tersebut. Di antaranya, membangun karakter ormas yang kuat dan berkomitmen, peningkatan peran ormas dalam membangun DKI Jakarta dan menjaga keutuhan NKRI, dan implementasi kebijakan organisasi kemasyarakatan di DKI Jakarta. Ia menyampaikan dalam pembinaan tersebut diikuti 7 ormas di Jakarta Timur dengan peserta mencapai sekitar 100 orang. 

“Hari ini kita melakukan peningkatan peran ormas dalam mendukung pembangunan, khususnya di Jakarta Timur umumnya di DKI Jakarta, kita melihat tadi sebagai elemen masyarakat sifatnya menjadi penting mitra dari Pemerintah Daerah,” ungkapnya. (AD)