Tekan Kasus DBD, Tim Gabungan Berantas Jentik di Terminal Kampung Rambutan

Jakarta Timur, (30/4/2024) - Dalam rangka mencegah dan menekan angka kasus demam berdarah dengue (DBD), jajaran Kelurahan Rambutan gelar kegiatan larvasidasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), di Terminal Kampung Rambutan, Selasa (30/4/2024).

Kegiatan PSN dipimpin langsung Lurah Rambutan, Ikhwan M.Ali. Diikuti 35 petugas yang terdiri dari perwakilan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur, unsur Kecamatan Ciracas, Puskesmas Kecamatan Ciracas, Terminal Kampung Rambutan, Ketua RW, LMK, FKDM, para kader Jumantik (Juru Pemantau Jentik) Kelurahan Rambutan.

"Kegiatan (arvasidasi Pemberantasan Sarang Nyamuk di Terminal Kampung Rambutan dalam rangka mencegah terjadinya kasus DBD dan menekan kasus DBD di Jakarta Timur. Semua tim bergerak berpencar di seluruh area Terminal Kampung Rambutan," kata Ikhwan.

Lebih lanjut Ikhwan menjelaskan, berbagai tempat seperti area gudang tempat penyimpanan ban bekas, hingga tanah kosong dan tempat ruang yang tidak terbengkalai tidak luput dari pantauan petugas gabungan PSN. Hasilnya jentik ditemukan di ban bekas yang menjadi penampungan air.

"Saya harap petugas unit pengelola Terminal Rambutan agar menyimpan ban bekas dengan baik, karena ditemukan banyak jentik di ban bekas tersebut, dan juga agar lebih memperhatikan lagi tempat yang bisa menjadi tempat penampungan air agar dibuang atau ditempatkan di tempat yang baik sehingga tidak menimbulkan air tergenang di tempat tersebut. Alhamdulilah tadi kegiatan berjalan dengan lancar dan sudah di beritahu unit pengelola Terminal Kampung Rambutan agar bisa ikut melakukan kegiatan PSN di lingkungan area terminal rutin, seminggu minimal sehari sekali, agar lingkungan terminal menjadi bebas dari jentik nyamuk," ungkapnya. (JS)