Warga Serbu Bawang Merah dan Bawah Putih di Pasar Murah Kelurahan Cibubur

Jakarta Timur, (2/5/2024) - Ratusan warga berbondong-bondong mendatangi halaman kantor Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, untuk berbelanja di pasar murah, berupa bawang merah dan bawang putih, Kamis (2/5/2024). Pasar murah digelar berkat kerjasama Kelurahan Cibubur dengan Kementerian Pertanian RI dan Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kelurahan Cibubur, Heru Kristianto, menjelaskan pasar murah digelar hanya satu hari. Kegiatan juga mendapat dukungan dari Badan Urusan Logistik (Bulog) dan stakeholder lainnya.

“Warga sangat antusias dan mereka ternyata banyak memilih belanja bawang merah dan bawang putih karena katanya di pasaran sedang tinggi harganya,” kata Heru.

Informasi tentang pasar murah, dijelaskan Heru, sudah diinformasikan kepada masyarakat sejak pekan lalu, sehingga banyak warga yang hadir. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu stabilitasi harga.

Sementara itu, perwakilan Dirjen Holtikultura Kementan RI, Heny, menjelaskan bawang merah dan bawang putih menjadi komoditi favorit pada pasar murah di Cibubur. Pihaknya menyiapkan 120 kilogram bawang merah dan 30 kilogram bawang putih pada pasar murah tersebut.

Ada tiga varietas bawang merah yang dijual, yakni bawang merah varietas batu ijo yang dijual Rp25 ribu per kilogram, varietas bima brebes Rp35 ribu per kg dan bima super Rp 4 ribu per kg. Sementara bawang putih kating dijual seharga Rp23 ribu per kg dan bawang putih biasa 19 ribu per kg.

“Masyarakat banyak membeli bawang merah dan bawang putih," ujar Henny. (JS)