Pimpin PSN di Jalan Swadaya Raya Duren Sawit, Walikota Temukan Jentik Nyamuk

Jakarta Timur, (3/5/2024) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, memimpin aksi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan warga RW 05, RT 04 Jalan Swadaya Raya, Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Jumat (3/5/2024). 

Didampingi Camat Duren Sawit Kelik Sutanto, Kasudin Kesehatan Jakarta Timur Herwin Meifendy, Lurah Duren Sawit Santi Nur Rifiandini serta para Kader Jumantik (Juru Pemantau Jentik), Walikota langsung menyambangi rumah warga untuk dilakukan pemeriksaan di setiap penampungan air milik warga. Hasilnya, masih ditemukan jentik nyamuk.

“Kita langsung pantau dan diperiksa, intinya semuanya teliti dari penampungan air dari bahan bekas yang tidak terpakai. Di sini kita temukan jentik, dan harus menjadi perhatian bersama dalam upaya mengantisipasi ancaman wabah demam berdarah," kata Walikota. 

Menurutnya, gelaran aksi PNS langkah tepat dalam menanggulangi ancaman infeksi Demam Berdarah Dengeu (DBD). Ia meminta kepada para Kepala Puskesmas, lurah dan camat agar terus menggerakkan warganya untuk membiasakan  perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta Jumantik Mandiri secara berkala sepekan dua kali. 

Dalam kesempatan itu, Walikota secara simbolis melakukan penempelan stiker ajakan gerakan PSN dan memberikan tanaman serai serta zodiak yang dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk, melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Timur bagi seluruh warga.

“Sosialisasi secara masif, pentingnya PHBS dan pentingnya Jumantik Mandiri. Saat ini cuaca ekstrem yang harus diantisipasi perkembangbiakan DBD menjadi ancaman kesehatan yang serius," imbuhnya.

Irma, warga RT 004/RW 05 Kelurahan Duren Sawit, mengaku senang huniannya diperiksa langsung Walikota dalam pemberantasan sarang nyamuk. Meskipun, harus diakuinya masih ditemukan banyak jentik disalah satu penampungan air.

“Ini motivasi untuk pentingnya melakukan jumantik mandiri, iya banyak jentik di akuarium bekas, dan sekarang sudah dimusnahkan jentik nyamuknya, terima kasih Pak Walikota," ungkapnya. (AJ)