Walikota Tinjau Pembangunan Waduk Batu Bangkong 1 dan 2 Kelurahan Cipayung

Jakarta Timur, (7/5/2024) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, melakukan monitoring pembangunan Waduk Batu Bangkong Cipayung 1 dan 2, di Jalan Masjid 3 RW 06 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (7/4/2024). Pembangunan waduk di lahan milik Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta sudah berjalan selama 2 bulan, sejak Maret lalu. 

Lahan seluas 4 hektare akan digunakan untuk menjadi area resapan air. Waduk juga akan dijadikan salah satu destinasi wisata baru di wilayah Kecamatan Cipayung. 

"Kenapa waduk di sini dinamakan Waduk Batu Bangkong karena ada nilai historisnya yaitu pencucian batu bangkong di sini.  Sesuai arahan bapak Pj Gubernur, jika ada nilai historisnya di wilayah agar tidak dihilangkan namun dikembangkan lagi nilai historisnya supaya menjadi kenangan untuk warga sekitar, di RW 06 Kelurahan Cipayung," jelasnya. 

Dirinya berharap dengan adanya pembuatan waduk, warga sekitar tidak merasakan banjir lagi. 

"Kedalaman waduk 5 meter, saat ini  baru mencapai 3 meter kedalaman yang sudah dikeruk SDA dan sudah kelihatan batu cadasnya. Waduk bisa bermanfaat untuk warga bisa menampung debit air disaat hujan dan juga bisa menambah destinasi wisata baru warga Jakarta Timur, khususnya Kecamatan Cipayung," tutupnya. 

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana Sudin SDA Kecamatan Cipayung, Dian Kartika menjelaskan, dari 4 hektare lahan terbagi ke dalam dua waduk, Waduk Batu Bangkong 1 dan Waduk Bangkong 2 yang masing-masing luasnya mencapai 2 hektare. 

"Semoga dengan adanya pembangunan waduk ini dapat bermanfaat untuk warga sekitar tidak terjadi banjir atau genangan di wilayah sekitar RW 06," ungkapnya. (JS)